Efektivitas Layanan Perpustakaan Keliling (Studi Pada UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar)
Main Author: | Irhamna, Lenny Mega |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165636/1/Lenny%20Mega%20Irhamna.pdf http://repository.ub.ac.id/165636/ |
Daftar Isi:
- Ada masalah yang perlu dikaji dalam efektivitas layanan perpustakaan kelilingsebagai berikut (1) Bagaimana efektivitas pelayanan perpustakaan keliling di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar, (2) Apakah faktor penghambat dan pendukung dalam pelayananperpustakaan keliling di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar. Metode penelitian ini aturan atau tata cara sistematik yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data yang diperlukan dalam proses identifikasi dan penjelasan fenomena sosial yang sedang diamati atau diteliti untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai untuk mendapatkan keakuratan data yang diperoleh. Secara dikotomis, dalam ilmu sosial dikenal dua jenis metode penelitian yaitu kuantitatif dan kualitatif.Dalam kegiatan pengumpulan data dibutuhkan suatu teknik tertentu yang disebut teknik pengumpulan data terdiri atas: (1) pengambilan sampel (sampling), (2) observasi (observation), (3) wawancara (interviews), dan (4) dokumen: kuesioner, catatan, jurnal, makalah, dan lainnya (documents:questionnaires, diaries, journals, papers, and more). Berdasarkan hasil analisis dan penyajian data yang telah dilakukan diperoleh beberapa kesimpulan bahwa : (1) Efektivitas pelayanan diperpustakaan keliling masih rendah.Layanan yang diberikan oleh perpustakaan keliling belum masksimal. Dalam menerima layanan, yang dimaksudkan penerima layanan disini adalah masyarakat. Pelayanan perpustakaan keliling ini dapat dinikmati semua masyarakat. Tapimasihbelumdapatdikatakanefektif. Pada kenyataannya masyarakat Kota Blitar belum bisa menikmati layanan ini, hanya beberapa wilayah saja yang bisa menikmati layanan perpustakaan keliling dan (2) Masyarakat merasa belum puas denganpelayanan yang diberikanolehperpustakaankeliling Bung Karnokarena masih ada beberapa faktor yang dinilai masyarakat masih kurang yaitu lemahnya sistem, mekanisme dan prosedur perpustakaan keliling, produk pelayanan, sarana, prasarana dan fasilitas dan pengawasan keselamatan pelayanan serta faktor lain kurangnya bahan buku diantaranya buku cerita, buku pengetahuan, buku ensiklopedia, bukufiksi, buku agama, karya umum, novel dan masih kurangnya fasilitas yang membuat pembaca kurang nyaman diantaranya tidak disediakan tempat duduk untuk membaca.