Efektivitas Layanan Perpustakaan Keliling (Studi Pada UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar)

Main Author: Irhamna, Lenny Mega
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165636/1/Lenny%20Mega%20Irhamna.pdf
http://repository.ub.ac.id/165636/
ctrlnum 165636
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/165636/</relation><title>Efektivitas Layanan Perpustakaan Keliling (Studi Pada UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar)</title><creator>Irhamna, Lenny Mega</creator><subject>020 Library and information sciences</subject><description>Ada masalah yang perlu dikaji dalam efektivitas layanan perpustakaan kelilingsebagai berikut (1) Bagaimana efektivitas pelayanan perpustakaan keliling di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar, (2) Apakah faktor penghambat dan pendukung dalam pelayananperpustakaan keliling di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar.&#xD; Metode penelitian ini aturan atau tata cara sistematik yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data yang diperlukan dalam proses identifikasi dan penjelasan fenomena sosial yang sedang diamati atau diteliti untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai untuk mendapatkan keakuratan data yang diperoleh. Secara dikotomis, dalam ilmu sosial dikenal dua jenis metode penelitian yaitu kuantitatif dan kualitatif.Dalam kegiatan pengumpulan data dibutuhkan suatu teknik tertentu yang disebut teknik pengumpulan data terdiri atas: (1) pengambilan sampel (sampling), (2) observasi (observation), (3) wawancara (interviews), dan (4) dokumen: kuesioner, catatan, jurnal, makalah, dan lainnya (documents:questionnaires, diaries, journals, papers, and more).&#xD; Berdasarkan hasil analisis dan penyajian data yang telah dilakukan diperoleh beberapa kesimpulan bahwa : (1) Efektivitas pelayanan diperpustakaan keliling masih rendah.Layanan yang diberikan oleh perpustakaan keliling belum masksimal. Dalam menerima layanan, yang dimaksudkan penerima layanan disini adalah masyarakat. Pelayanan perpustakaan keliling ini dapat dinikmati semua masyarakat. Tapimasihbelumdapatdikatakanefektif. Pada kenyataannya masyarakat Kota Blitar belum bisa menikmati layanan ini, hanya beberapa wilayah saja yang bisa menikmati layanan perpustakaan keliling dan (2) Masyarakat merasa belum puas denganpelayanan yang diberikanolehperpustakaankeliling Bung Karnokarena masih ada beberapa faktor yang dinilai masyarakat masih kurang yaitu lemahnya sistem, mekanisme dan prosedur perpustakaan keliling, produk pelayanan, sarana, prasarana dan fasilitas dan pengawasan keselamatan pelayanan serta faktor lain kurangnya bahan buku diantaranya buku cerita, buku pengetahuan, buku ensiklopedia, bukufiksi, buku agama, karya umum, novel dan masih kurangnya fasilitas yang membuat pembaca kurang nyaman diantaranya tidak disediakan tempat duduk untuk membaca.</description><date>2017-01-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/165636/1/Lenny%20Mega%20Irhamna.pdf</identifier><identifier> Irhamna, Lenny Mega (2017) Efektivitas Layanan Perpustakaan Keliling (Studi Pada UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2017/1368/051804450</relation><recordID>165636</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Irhamna, Lenny Mega
title Efektivitas Layanan Perpustakaan Keliling (Studi Pada UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar)
publishDate 2017
topic 020 Library and information sciences
url http://repository.ub.ac.id/165636/1/Lenny%20Mega%20Irhamna.pdf
http://repository.ub.ac.id/165636/
contents Ada masalah yang perlu dikaji dalam efektivitas layanan perpustakaan kelilingsebagai berikut (1) Bagaimana efektivitas pelayanan perpustakaan keliling di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar, (2) Apakah faktor penghambat dan pendukung dalam pelayananperpustakaan keliling di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar. Metode penelitian ini aturan atau tata cara sistematik yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data yang diperlukan dalam proses identifikasi dan penjelasan fenomena sosial yang sedang diamati atau diteliti untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai untuk mendapatkan keakuratan data yang diperoleh. Secara dikotomis, dalam ilmu sosial dikenal dua jenis metode penelitian yaitu kuantitatif dan kualitatif.Dalam kegiatan pengumpulan data dibutuhkan suatu teknik tertentu yang disebut teknik pengumpulan data terdiri atas: (1) pengambilan sampel (sampling), (2) observasi (observation), (3) wawancara (interviews), dan (4) dokumen: kuesioner, catatan, jurnal, makalah, dan lainnya (documents:questionnaires, diaries, journals, papers, and more). Berdasarkan hasil analisis dan penyajian data yang telah dilakukan diperoleh beberapa kesimpulan bahwa : (1) Efektivitas pelayanan diperpustakaan keliling masih rendah.Layanan yang diberikan oleh perpustakaan keliling belum masksimal. Dalam menerima layanan, yang dimaksudkan penerima layanan disini adalah masyarakat. Pelayanan perpustakaan keliling ini dapat dinikmati semua masyarakat. Tapimasihbelumdapatdikatakanefektif. Pada kenyataannya masyarakat Kota Blitar belum bisa menikmati layanan ini, hanya beberapa wilayah saja yang bisa menikmati layanan perpustakaan keliling dan (2) Masyarakat merasa belum puas denganpelayanan yang diberikanolehperpustakaankeliling Bung Karnokarena masih ada beberapa faktor yang dinilai masyarakat masih kurang yaitu lemahnya sistem, mekanisme dan prosedur perpustakaan keliling, produk pelayanan, sarana, prasarana dan fasilitas dan pengawasan keselamatan pelayanan serta faktor lain kurangnya bahan buku diantaranya buku cerita, buku pengetahuan, buku ensiklopedia, bukufiksi, buku agama, karya umum, novel dan masih kurangnya fasilitas yang membuat pembaca kurang nyaman diantaranya tidak disediakan tempat duduk untuk membaca.
id IOS4666.165636
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:50:29Z
last_indexed 2021-10-28T07:50:00Z
recordtype dc
_version_ 1751454162092032000
score 17.538404