Pengaruh Produktivitas Dan Kinerja Aparatur Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul)
Main Author: | Pratama, Bayu Adi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165532/1/Bayu%20Adi%20Pratama.pdf http://repository.ub.ac.id/165532/ |
ctrlnum |
165532 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/165532/</relation><title>Pengaruh Produktivitas Dan Kinerja Aparatur Terhadap Kualitas
Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten
Bantul).</title><creator>Pratama, Bayu Adi</creator><subject>352.6 Personnel management (Human resource management)</subject><description>Pelayanan Publik, merupakan segala kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar
sesuai hak-hak dasar setiap warga negara dan penduduk atas suatu barang, jasa dan atau pelayanan
administrasi yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan yang terkait dengan kepentingan
publik. Pelayanan publik yang memuaskan adalah pelayanan yang didukung oleh perilaku aparatur
yang baik Kualitas pelayanan publik merupakan hasil interaksi dari berbagai aspek yaitu sistem
pelayanan, produktivitas dan kinerja aparatur, strategi dan masyarakat. Demikian kaitannya
dengan baik buruknya sistem pelayanan dipengaruhi oleh produktivitas dan kinerja aparatur yang
mampu memahami dan mengoperasikan sistem pelayanan yang baik, yaitu sistem pelayanan yang
sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Organisasi sektor publik memiliki tujuan utama melayani
masyarakat dan hasil pelayanan memerlukan dukungan aparatur yang mempunyai produktivitas
dan kinerja yang tinggi pada organisasi. Untuk itulah diperlukan produktivitas dan kinerja aparatur
yang tinggi dari organisasi sektor publik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilakukan di Dinas Perindustrian
Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul dan dilakukan kepada 49 orang responden, alasan
penulis memilih lokasi tersebut adalah karena berdasarkan data dari LAKIP Kabupaten Bantul
tahun 2017, masih rendahnya produktivitas dan kinerja aparatur di dinas tersebut. Variabel pada
penelitian ini terdiri dari dua variabel independen yaitu produktivitas dan kinerja Aparatur dan satu
variable dependen yaitu kualitas pelayanan publik. Adapun variabel independen dibagi ke dalam
tujuh indikator untuk produktivitas dan sembilan indikator untuk kinerja yaitu: teknologi, tingkat
pendidikan, sistem upah dan jaminan sosial, manajemen, masa kerja, kebijakan pemerintah, gaji,
kemapuan pemimpin, motivasi pimpinan, kepribadian aparatur, persepsi aparatur, struktur
organisasi, desain pekerjaan, umur, kesempurnaan fisik, dan jenis kelamin. Teknik pengumpulan
data menggunakan kuesioner dengan lima skala likert dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat: (1) Adanya pengaruh signifikan
produktivitas dan kinerja aparatur terhadap kualitas pelayanan publik; (2) Adanya pengaruh
signifikan produktivitas terhadap kualitas pelayanan publik; (3) Adanya pengaruh signifikan
kinerja aparatur terhadap kualitas pelayanan publik.</description><date>2018-12-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/165532/1/Bayu%20Adi%20Pratama.pdf</identifier><identifier> Pratama, Bayu Adi (2018) Pengaruh Produktivitas Dan Kinerja Aparatur Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2018/1197/051901613</relation><recordID>165532</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Pratama, Bayu Adi |
title |
Pengaruh Produktivitas Dan Kinerja Aparatur Terhadap Kualitas
Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten
Bantul) |
publishDate |
2018 |
topic |
352.6 Personnel management (Human resource management) |
url |
http://repository.ub.ac.id/165532/1/Bayu%20Adi%20Pratama.pdf http://repository.ub.ac.id/165532/ |
contents |
Pelayanan Publik, merupakan segala kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar
sesuai hak-hak dasar setiap warga negara dan penduduk atas suatu barang, jasa dan atau pelayanan
administrasi yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan yang terkait dengan kepentingan
publik. Pelayanan publik yang memuaskan adalah pelayanan yang didukung oleh perilaku aparatur
yang baik Kualitas pelayanan publik merupakan hasil interaksi dari berbagai aspek yaitu sistem
pelayanan, produktivitas dan kinerja aparatur, strategi dan masyarakat. Demikian kaitannya
dengan baik buruknya sistem pelayanan dipengaruhi oleh produktivitas dan kinerja aparatur yang
mampu memahami dan mengoperasikan sistem pelayanan yang baik, yaitu sistem pelayanan yang
sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Organisasi sektor publik memiliki tujuan utama melayani
masyarakat dan hasil pelayanan memerlukan dukungan aparatur yang mempunyai produktivitas
dan kinerja yang tinggi pada organisasi. Untuk itulah diperlukan produktivitas dan kinerja aparatur
yang tinggi dari organisasi sektor publik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilakukan di Dinas Perindustrian
Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul dan dilakukan kepada 49 orang responden, alasan
penulis memilih lokasi tersebut adalah karena berdasarkan data dari LAKIP Kabupaten Bantul
tahun 2017, masih rendahnya produktivitas dan kinerja aparatur di dinas tersebut. Variabel pada
penelitian ini terdiri dari dua variabel independen yaitu produktivitas dan kinerja Aparatur dan satu
variable dependen yaitu kualitas pelayanan publik. Adapun variabel independen dibagi ke dalam
tujuh indikator untuk produktivitas dan sembilan indikator untuk kinerja yaitu: teknologi, tingkat
pendidikan, sistem upah dan jaminan sosial, manajemen, masa kerja, kebijakan pemerintah, gaji,
kemapuan pemimpin, motivasi pimpinan, kepribadian aparatur, persepsi aparatur, struktur
organisasi, desain pekerjaan, umur, kesempurnaan fisik, dan jenis kelamin. Teknik pengumpulan
data menggunakan kuesioner dengan lima skala likert dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat: (1) Adanya pengaruh signifikan
produktivitas dan kinerja aparatur terhadap kualitas pelayanan publik; (2) Adanya pengaruh
signifikan produktivitas terhadap kualitas pelayanan publik; (3) Adanya pengaruh signifikan
kinerja aparatur terhadap kualitas pelayanan publik. |
id |
IOS4666.165532 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:50:24Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:49:55Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454317008650240 |
score |
17.538404 |