Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Dan Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (Topsis) (Studi Kasus Di Ukm Mesuji, Batu)
Main Author: | Firdausi, Husna Amanina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/164793/ |
Daftar Isi:
- UKM Mesuji merupakan UKM Cokelat di Kota Batu yang memproduksi cokelat praline, bar 58%, bar 67%, bar 80%, dan kakao nibs. UKM Mesuji merupakan satu-satunya yang menghasilkan jenis produk cokelat couverture di Kota Batu. Permasalahan yang dihadapi UKM Mesuji keterbatasan teknologi dan sarana produksi, kekurangan SDM, tidak adanya jaminan kualitas produk, dan kurang maksimalnya pemasaran online maupun offline. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan pembobotan alternatif strategi pengembangan di UKM Mesuji dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan menentukan prioritas strategi pengembangan UKM Mesuji dengan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Hasil penelitian menunjukan faktor yang menjadi prioritas utama pengembangan UKM Mesuji adalah pemasaran, dengan prioritas utama kriteria yang ditingkatkan adalah peningkatan daya saing. Prioritas alternatif strategi pengembangan UKM Mesuji terdiri atas meningkatkan mutu produk (0,306), meningkatkan inovasi produk (0,205), meningkatkan penggunaan teknologi (0,195), meningkatkan saluran distribusi (0,154), dan meningkatkan kinerja SDM (0,140). Prioritas sub strategi dalam meningkatkan mutu produk adalah dengan menyusun SOP Produksi sedangkan prioritas utama sub strategi dalam meningkatkan inovasi produk adalah mengembangkan produk dengan branding oleh-oleh Kota Batu. Sub strategi prioritas utama pada alternatif strategi meningkatkan penggunaan teknologi adalah menggunakan mesin dan peralatan produksi yang lebih modern.