Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Dan Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (Topsis) (Studi Kasus Di Ukm Mesuji, Batu)

Main Author: Firdausi, Husna Amanina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/164793/
ctrlnum 164793
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/164793/</relation><title>Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Dan Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (Topsis) &#xD; (Studi Kasus Di Ukm Mesuji, Batu)</title><creator>Firdausi, Husna Amanina</creator><subject>338.642 Small business</subject><description>UKM Mesuji merupakan UKM Cokelat di Kota Batu yang memproduksi cokelat praline, bar 58%, bar 67%, bar 80%, dan kakao nibs. UKM Mesuji merupakan satu-satunya yang menghasilkan jenis produk cokelat couverture di Kota Batu. Permasalahan yang dihadapi UKM Mesuji keterbatasan teknologi dan sarana produksi, kekurangan SDM, tidak adanya jaminan kualitas produk, dan kurang maksimalnya pemasaran online maupun offline. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan pembobotan alternatif strategi pengembangan di UKM Mesuji dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan menentukan prioritas strategi pengembangan UKM Mesuji dengan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Hasil penelitian menunjukan faktor yang menjadi prioritas utama pengembangan UKM Mesuji adalah pemasaran, dengan prioritas utama kriteria yang ditingkatkan adalah peningkatan daya saing. Prioritas alternatif strategi pengembangan UKM Mesuji terdiri atas meningkatkan mutu produk (0,306), meningkatkan inovasi produk (0,205), meningkatkan penggunaan teknologi (0,195), meningkatkan saluran distribusi (0,154), dan meningkatkan kinerja SDM (0,140). Prioritas sub strategi dalam meningkatkan mutu produk adalah dengan menyusun SOP Produksi sedangkan prioritas utama sub strategi dalam meningkatkan inovasi produk adalah mengembangkan produk dengan branding oleh-oleh Kota Batu. Sub strategi prioritas utama pada alternatif strategi meningkatkan penggunaan teknologi adalah menggunakan mesin dan peralatan produksi yang lebih modern.</description><date>2018-07-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Firdausi, Husna Amanina (2018) Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Dan Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (Topsis) (Studi Kasus Di Ukm Mesuji, Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTP/2018/288/051807924</relation><recordID>164793</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Firdausi, Husna Amanina
title Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Dan Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (Topsis) (Studi Kasus Di Ukm Mesuji, Batu)
publishDate 2018
topic 338.642 Small business
url http://repository.ub.ac.id/164793/
contents UKM Mesuji merupakan UKM Cokelat di Kota Batu yang memproduksi cokelat praline, bar 58%, bar 67%, bar 80%, dan kakao nibs. UKM Mesuji merupakan satu-satunya yang menghasilkan jenis produk cokelat couverture di Kota Batu. Permasalahan yang dihadapi UKM Mesuji keterbatasan teknologi dan sarana produksi, kekurangan SDM, tidak adanya jaminan kualitas produk, dan kurang maksimalnya pemasaran online maupun offline. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan pembobotan alternatif strategi pengembangan di UKM Mesuji dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan menentukan prioritas strategi pengembangan UKM Mesuji dengan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Hasil penelitian menunjukan faktor yang menjadi prioritas utama pengembangan UKM Mesuji adalah pemasaran, dengan prioritas utama kriteria yang ditingkatkan adalah peningkatan daya saing. Prioritas alternatif strategi pengembangan UKM Mesuji terdiri atas meningkatkan mutu produk (0,306), meningkatkan inovasi produk (0,205), meningkatkan penggunaan teknologi (0,195), meningkatkan saluran distribusi (0,154), dan meningkatkan kinerja SDM (0,140). Prioritas sub strategi dalam meningkatkan mutu produk adalah dengan menyusun SOP Produksi sedangkan prioritas utama sub strategi dalam meningkatkan inovasi produk adalah mengembangkan produk dengan branding oleh-oleh Kota Batu. Sub strategi prioritas utama pada alternatif strategi meningkatkan penggunaan teknologi adalah menggunakan mesin dan peralatan produksi yang lebih modern.
id IOS4666.164793
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:49:48Z
last_indexed 2021-10-28T07:49:22Z
recordtype dc
_version_ 1751454323500384256
score 17.538404