Pengaruh Store Atmosphere dan Customer Value Terhadap Kepuasan Konsumen pada Uniccrab
Main Author: | Bahari, Galih Prakoso Satriyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/164545/ |
Daftar Isi:
- Bisnis boga (makanan) atau yang saat ini lebih dikenal dengan istilah bisnis kuliner, merupakan jenis usaha yang selalu marak ditawarkan di Kota Malang. Para pengusaha akan melakukan berbagai strategi untuk menarik konsumen dan memperbaiki customer value agar dapat meningkatkan daya saing yang diharapkan berdampak pada peningkatan penjualan dan kepuasan konsumen. Strategi Store atmosphere yang terdiri dari Instore atmosphere dan Outstore atmosphere bisa menjadi alternatif untuk membedakan toko yang satu dengan yang lainnya. Uniccrab merupakan salah satu restoran di kota Malang yang memiliki konsep store atmosphere yang menarik dengan mengusung konsep view indoor dan outdoor. Uniccrab juga memiliki banyak pesaing lainnya yang juga menjual produk yang serupa dengan konsep restoran yang menarik seperti : Warung Cak Tomo, Kepiting Soka, dan Sampan Leker. Dengan persaingan yang semakin ketat, Uniccrab perlu meningkatkan kekuatan yang ada di dalam dengan cara memunculkan perbedaan atau keunikan yang dimiliki dibandingkan dengan pesaing untuk dapat menarik minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh outstore atmosphere dan instore atmosphere terhadap customer value dan kepuasan konsumen pada Uniccrab Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Variabel independen dalam penelitian ini adalah store atmosphere. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah customer value dan kepuasan konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan sebanyak 100 kuesioner yang diisi oleh responden yang mengunjungi Uniccrab. xiv Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh store atmosphere terhadap customer value, store atmosphere terhadap kepuasan konsumen, dan customer value terhadap kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan. Selanjutnya variabel customer value memediasi secara parsial hubungan antara store atmosphere dan kepuasan konsumen. Pengaruh paling besar/dominan terdapat pada pengaruh store atmosphere (X1) terhadap customer value (Y1) dengan nilai original sample sebesar 0,508 . Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan agar Uniccrab tetap menjaga keunggulan store atmosphere yang dimiliki, karena sebagian pelanggan memutuskan membeli karena store atmosphere-nya, dan tetap menjadikan kepuasan pelanggan sebagai salah satu tujuan utama Uniccrab karena hal tersebut berdampak besar pada pembelian selanjutnya.