Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Konsumen Starbucks Di Kota Malang)

Main Author: Widadsyah, Muhammad Azhar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/163915/1/Muhammad%20Azhar%20Widadsyah.pdf
http://repository.ub.ac.id/163915/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini meneliti tentang pengaruh electronic word of mouth terhadap purchase intention pada mahasiswa konsumen Starbucks di kota Malang yang dimediasi oleh brand image. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabelnya melalui pengujian hipotesis. Sampel responden dalam penelitian diambil menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini, responden berjumlah 150 orang mahasiswa di kota Malang yang mempunyai akun media sosial dan sudah berumur 17 tahun keatas. Uji hipotesis menggunakan Path Coefficient dan Sobel test. Analisis ini menggunakan alat uji PLS dengan software Smart PLS 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan kepada variabel brand image sebesar 0,6393 . Variabel electronic word of mouth juga berpengaruh positif dan signifikan kepada variabel purchase intention sebesar 0,3229. Selain itu, variabel brand image berpengaruh positif dan signifikan kepada variabel purchase intention sebesar 0,4962. Terakhir, variabel electronic word of mouth berpengaruh secara positif dan signifikan kepada variabel purchase intention yang dimediasi oleh brand image sebesar 0,3172.