Pengaruh Ewom Terhadap Purchase Intention Taksi Uber Melalui Brand Image (Studi Pada Taksi Uber Di Indonesia)

Main Author: Kusuma, Erlanda Cahya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/163464/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang pengaruh eWOM yang terjadi di media internet terhadap Purchase Intention Taksi Uber di Indonesia melalui Brand Image bertujuan untuk menganalisis pengaruh eWOM secara langsung kepada Purchase Intention dan pengaruh eWOM secara tidak langsung kepada Purchase Intention melalui Brand Image. Penelitian ini menggunakan teori electronic Word Of Mouth (omongan mulut ke mulut yang terjadi di media elekronik atau media internet ) yang dikemukakan oleh Yi-Shuang Wu untuk menganalisis pengaruh eWOM Taksi Uber di Media elektronik, yang didasari beberapa indikator yaitu eWOM Quality, eWOM Quantity, dan Sender’s Expretise. Purchase Intention (minat pembelian) yang dikemukakan oleh Yi-Shuang Wu untuk mengetahui menganalisis besarnya minat pembelian terhadap Taksi Uber, yang didasari dua indikator yaitu Interest dan Desire. Kemudian Brand Image (citra merek) yang dikemukakan oleh Wu dan Wang sebagai variabel Intervening (penyela) yang diharapkan mendukung pengaruh eWOM terhadap Purchase Intention pada Taksi Uber, yang didasari beberapa indikator yaitu Functional Image. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis path (jalur) yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung eWOM dan Brand Image terhadap Purchase Intention Taksi Uber di Indonesia. Juga untuk menganalisis secara tidak langsung eWOM terhadap Purchase Intention Taksi Uber di Indonesia melalui Brand Image. Penelitian ini menggunakan sumber data melalui penyebaran kuesioner, interview dan browsing di internet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial eWOM berpengaruh positif signifikan terhadap Brand Image Taksi Uber dan Brand Image berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Purchase Intention Taksi Uber. Secara bersama-sama eWOM dan Brand Image berpengaruh positif signifikan terhadap Purchase Intention Taksi Uber. eWOM mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap Purchase Intention Taksi Uber daripada Brand Image.