Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak dan Minat Menggunakan Kembali (Reuse Intention) Layanan SAMSAT Payment Point (Studi Pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor SAMSAT Payment Point Ngunut Kabupaten Tulungagung)

Main Author: Puspita, Khaleda Ranggih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/162690/1/Khaleda%20Ranggih%20Puspita.pdf
http://repository.ub.ac.id/162690/
Daftar Isi:
  • Berbagai inovasi dilakukan oleh Kantor Bersama SAMSAT selaku pemungut Pajak Kendaraan Bermotor dalamrangka meningkatkan kualitas pelayananya, salah satunya dengan mendirikan layanan SAMSAT Payment Point. Layanan SAMSAT Payment Point diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pembayaran PKB, karena pelayanan yang berkualitas akan meningkatkan kepuasan pengguna layanan. Ketika pengguna layanan merasa puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan, pengguna layanan akan cenderung menggunakan kembali layanan yang diberikan. Oleh karena itu, kualitas pelayanan dapat berpengaruh terhadap minat wajib pajak untuk menggunakan kembali layanan dan kepuasan wajib pajak dapat menjadi mediator dalam hubungan diantara keduanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat wajib pajak untuk menggunakan kembali (reuse Intention) layanan SAMSAT Payment Point, baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui variabel kepuasan wajib pajak. Peneliti melakukan penelitian terhadap Wajib Pajak yang menggunakan layanan SAMSAT Payment Point Ngunut. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuisioner kepada wajib pajak dengan sampel sebanyak 120 elemen. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik berupa analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial berupa analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan SAMSAT Payment Point Ngunut berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan wajib pajak, variabel kualitas pelayanan juga berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan kembali (Reuse Intention) layanan SAMSAT Payment Point Ngunut, variabel kepuasan wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap variabel minat menggunakan kembali (Reuse Intention) layanan SAMSAT Payment Point Ngunut, dan terakhir terbukti terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan dalam hubungan variabel kualitas pelayanan terhadap variabel minat menggunakan kembali (Reuse Intention) melalui variabel kepuasan wajib pajak .