Perencanaan Strategi Pemasaran Produk Keripik Kentang pada Agronas Gizi Food

Main Author: Arifin, Azizah Aini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/162626/
Daftar Isi:
  • Agronas Gizi Food merupakan suatu UMKM di Kota Batu yang menjual berbagai produk keripik dimana keripik kentang sebagai produk utama yang diproduksi. Sedangkan produk keripik nangka, keripik apel, dan beberapa keripik lain merupakan produk sampingan karena Agronas Gizi Food hanya melakukan pengemasan kembali (repackaging). Seiring berjalannya waktu, pemain usaha di bidang pengolahan keripik kentang semakin banyak sehingga meningkatkan persaingan. Selain bersaing dengan pemain usaha sejenis, persaingan dengan produk substitusi juga menjadi tantangan Agronas Gizi Food. Persaingan yang semakin ketat tentunya berpengaruh pada perubahan pangsa pasar yang dikuasai oleh masing-masing UMKM. Pada tahun 2008, pangsa pasar Agronas Gizi Food sebesar 6,3% sedangkan pada tahun 2017 Agronas Gizi Food mempunyai pangsa pasar 7%. Data tersebut menunjukkan bahwa pangsa pasar yang mampu dikuasai oleh Agronas Gizi Food hanya meningkat 0,7% dalam rentang tahun 2008 hingga 2017. Di sisi lain, pemilik Agronas Gizi food menginginkan usahanya untuk lebih maju dan produk Agronas Gizi Food mampu menguasai pasar yang lebih besar ditengah persaingan usaha bidang makanan yang semakin kuat. Oleh karena itu, diperlukan penyusunan strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan faktor internal dan eksternal Agronas Gizi Food sehingga dapat meningkatkan pangsa pasar dan menjadi panduan dalam memasarkan produk Agronas Gizi Food. Dalam penelitian ini akan dilakukan tiga tahap perumusan strategi yaitu input stage dimana dilakukan identifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses bisnis Agronas Gizi Food dengan menggunakan matriks evaluasi faktor internal (IFE) dan faktor eksternal (EFE), kemudian matching stage dengan menggunakan matriks internal eksternal (IE) dan SWOT untuk menyusun strategi alternatif yang sesuai dengan faktor internal dan eksternal hasil input stage, dan yang terakhir yaitu decision stage menggunakan tools Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk menentukan prioritas strategi yang dapat dipilih oleh Agronas Gizi Food. Hasil penelitian, total skor matriks IFE adalah 2,57 dan skor total matriks EFE adalah 3,31. Skor ini menentukan posisi perusahaan di kuadran 2 (grow and build) pada matriks IE. Strategi yang tepat untuk perusahaan adalah strategi intensif dan strategi integrasi. Sedangkan pada hasil penyusunan matriks SWOT diperoleh 8 strategi. Setlah dilakukan pencocokan matriks IE dan matriks SWOT pada matching stage, strategi alternatif yang dipilih adalah penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Hasil dari decision stage menggunakan matriks QSP berupa urutan prioritas strategi yang dapat diterapakan oleh Agronas Gizi Food yaitu penetrasi pasar, pengembangan produk dan pengembangan pasar.