Strategi City Branding Kabupaten Malang “The Heart Of East Java” dalam Rangka Pengembangan Pariwisata Daerah (Studi Pada Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Malang)

Main Author: Damastuti, Khetimareta Pratungga
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/162402/1/Khetimareta%20Pratungga%20Damastuti.pdf
http://repository.ub.ac.id/162402/
Daftar Isi:
  • Upaya pengembangan daerah baik kota maupun kabupaten di Indonesia melalui cara memasarkan potensi lokal ke mata dunia wajar diperhatikan oleh seluruh stakeholder yang terlibat. Dengan adanya ide atau inovasi yang muncul dan terus berkembang, hal ini memunculkan teori terkait city branding. City Branding “The Heart Of East Java” merupakan salah satu dalam strategi yang digunakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang untuk memasarkan daerahnya dalam rangka pengembangan pariwisata daerah. Penerapan city branding di Kabupaten Malang dianggap perlu dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Malang karena untuk lebih mengenalkan Kabupaten Malang baik secara nasional maupun internasional. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh dua fokus penelitian yaitu (1) strategi city branding “The Heart of East Java” Kabupaten Malang dalam pengembangan pariwisata daerah yang terdiri dari pelaksanaan dan dampak strategi city branding Kabupaten Malang “The Heart of East Java” dalam pengembangan pariwisata daerah; (2) faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi strategi city branding Kabupaten Malang “The Heart of East Java” dalam pengembangan pariwisata daerah. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi di lapangan. Sedangkan analisa data yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan strategi city branding “The Heart of East Java” Kabupaten Malang dalam pengembangan pariwisata daerah sudah berjalan dengan baik meskipun belum maksimal dikarenakan masih adanya masyarakat maupun wisatawan yang belum mengetahui city branding Kabupaten Malang “The Heart of East Java” dan juga masih susahnya akses menuju destinasi wisata yang masih menjadi kendala dalam pengembangan pariwisata daerah. Meskipun berbagai upaya dengan terus digencarkannya pemasaran citra, terus digencarkan pula pemasaran atraksi/daya tarik, terus dilakukannya pengembangan prasarana pendukung pariwisata dan terus dilakukannya pemberdayaan terhadap masyarakat setempat oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang. Dari hasil pelaksanaan strategi city branding ini juga telah mampu memberikan dampak bagi Kabupaten Malang yakni dengan peningkatan jumlah kunjungan wisata, meningkatnya perekonomian masyarakat dan kesejahteraan masyarakat ikut meningkat pula.