Strategi City Branding Kabupaten Malang “The Heart Of East Java” dalam Rangka Pengembangan Pariwisata Daerah (Studi Pada Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Malang)
Main Author: | Damastuti, Khetimareta Pratungga |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/162402/1/Khetimareta%20Pratungga%20Damastuti.pdf http://repository.ub.ac.id/162402/ |
ctrlnum |
162402 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/162402/</relation><title>Strategi City Branding Kabupaten
Malang “The Heart Of East Java” dalam Rangka Pengembangan Pariwisata
Daerah (Studi Pada Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Malang)</title><creator>Damastuti, Khetimareta Pratungga</creator><subject>338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)</subject><description>Upaya pengembangan daerah baik kota maupun kabupaten di Indonesia
melalui cara memasarkan potensi lokal ke mata dunia wajar diperhatikan oleh
seluruh stakeholder yang terlibat. Dengan adanya ide atau inovasi yang muncul
dan terus berkembang, hal ini memunculkan teori terkait city branding. City
Branding “The Heart Of East Java” merupakan salah satu dalam strategi yang
digunakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang untuk
memasarkan daerahnya dalam rangka pengembangan pariwisata daerah.
Penerapan city branding di Kabupaten Malang dianggap perlu dilakukan oleh
Pemerintah Kabupaten Malang karena untuk lebih mengenalkan Kabupaten
Malang baik secara nasional maupun internasional.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan
dibatasi oleh dua fokus penelitian yaitu (1) strategi city branding “The Heart of
East Java” Kabupaten Malang dalam pengembangan pariwisata daerah yang
terdiri dari pelaksanaan dan dampak strategi city branding Kabupaten Malang
“The Heart of East Java” dalam pengembangan pariwisata daerah; (2) faktor
pendukung dan penghambat yang mempengaruhi strategi city branding
Kabupaten Malang “The Heart of East Java” dalam pengembangan pariwisata
daerah. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi di
lapangan. Sedangkan analisa data yang digunakan adalah analisis data model
interaktif Miles, Huberman dan Saldana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan strategi city branding
“The Heart of East Java” Kabupaten Malang dalam pengembangan pariwisata
daerah sudah berjalan dengan baik meskipun belum maksimal dikarenakan masih
adanya masyarakat maupun wisatawan yang belum mengetahui city branding
Kabupaten Malang “The Heart of East Java” dan juga masih susahnya akses
menuju destinasi wisata yang masih menjadi kendala dalam pengembangan
pariwisata daerah. Meskipun berbagai upaya dengan terus digencarkannya
pemasaran citra, terus digencarkan pula pemasaran atraksi/daya tarik, terus
dilakukannya pengembangan prasarana pendukung pariwisata dan terus
dilakukannya pemberdayaan terhadap masyarakat setempat oleh Dinas Pariwisata
dan Kebudayaan Kabupaten Malang. Dari hasil pelaksanaan strategi city branding
ini juga telah mampu memberikan dampak bagi Kabupaten Malang yakni dengan
peningkatan jumlah kunjungan wisata, meningkatnya perekonomian masyarakat
dan kesejahteraan masyarakat ikut meningkat pula.</description><date>2018-07-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/162402/1/Khetimareta%20Pratungga%20Damastuti.pdf</identifier><identifier> Damastuti, Khetimareta Pratungga (2018) Strategi City Branding Kabupaten Malang “The Heart Of East Java” dalam Rangka Pengembangan Pariwisata Daerah (Studi Pada Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2018/576/051808165</relation><recordID>162402</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Damastuti, Khetimareta Pratungga |
title |
Strategi City Branding Kabupaten
Malang “The Heart Of East Java” dalam Rangka Pengembangan Pariwisata
Daerah (Studi Pada Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Malang) |
publishDate |
2018 |
topic |
338.479 1 Services and specific products (Geography and travel) |
url |
http://repository.ub.ac.id/162402/1/Khetimareta%20Pratungga%20Damastuti.pdf http://repository.ub.ac.id/162402/ |
contents |
Upaya pengembangan daerah baik kota maupun kabupaten di Indonesia
melalui cara memasarkan potensi lokal ke mata dunia wajar diperhatikan oleh
seluruh stakeholder yang terlibat. Dengan adanya ide atau inovasi yang muncul
dan terus berkembang, hal ini memunculkan teori terkait city branding. City
Branding “The Heart Of East Java” merupakan salah satu dalam strategi yang
digunakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang untuk
memasarkan daerahnya dalam rangka pengembangan pariwisata daerah.
Penerapan city branding di Kabupaten Malang dianggap perlu dilakukan oleh
Pemerintah Kabupaten Malang karena untuk lebih mengenalkan Kabupaten
Malang baik secara nasional maupun internasional.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan
dibatasi oleh dua fokus penelitian yaitu (1) strategi city branding “The Heart of
East Java” Kabupaten Malang dalam pengembangan pariwisata daerah yang
terdiri dari pelaksanaan dan dampak strategi city branding Kabupaten Malang
“The Heart of East Java” dalam pengembangan pariwisata daerah; (2) faktor
pendukung dan penghambat yang mempengaruhi strategi city branding
Kabupaten Malang “The Heart of East Java” dalam pengembangan pariwisata
daerah. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi di
lapangan. Sedangkan analisa data yang digunakan adalah analisis data model
interaktif Miles, Huberman dan Saldana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan strategi city branding
“The Heart of East Java” Kabupaten Malang dalam pengembangan pariwisata
daerah sudah berjalan dengan baik meskipun belum maksimal dikarenakan masih
adanya masyarakat maupun wisatawan yang belum mengetahui city branding
Kabupaten Malang “The Heart of East Java” dan juga masih susahnya akses
menuju destinasi wisata yang masih menjadi kendala dalam pengembangan
pariwisata daerah. Meskipun berbagai upaya dengan terus digencarkannya
pemasaran citra, terus digencarkan pula pemasaran atraksi/daya tarik, terus
dilakukannya pengembangan prasarana pendukung pariwisata dan terus
dilakukannya pemberdayaan terhadap masyarakat setempat oleh Dinas Pariwisata
dan Kebudayaan Kabupaten Malang. Dari hasil pelaksanaan strategi city branding
ini juga telah mampu memberikan dampak bagi Kabupaten Malang yakni dengan
peningkatan jumlah kunjungan wisata, meningkatnya perekonomian masyarakat
dan kesejahteraan masyarakat ikut meningkat pula. |
id |
IOS4666.162402 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:47:01Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:46:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454339898015744 |
score |
17.538404 |