Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Produk Makobu Cake Kota Malang)

Main Author: Trisyahputra,, Bentarro
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/162104/1/Bentarro%20Trisyahputra.pdf
http://repository.ub.ac.id/162104/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui dan menjelaskan secara simultan pengaruh Brand Image yang terdiri dari variabel-variabel Citra Pembuat, Citra Pemakai, Citra Produk dan Celebrity Endorser yang terdiri dari variabel Kredibilitas Selebriti, Daya Tarik Selebriti, Kecocokan Selebriti terhadap Struktur Keputusan Pembelian; 2) Mengetahui dan menjelaskan secara parsial pengaruh variabel Citra Pembuat terhadap Struktur Keputusan Pembelian; 3) Mengetahui dan menjelaskan secara parsial pengaruh variabel Citra Pemakai terhadap Struktur Keputusan Pembelian; 4) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Kredibilitas Selebriti terhadap Struktur Keputusan Pembelian; 5) Mengetahui dan menjelaskan secara parsial pengaruh variabel Daya Tarik selebriti terhadap Struktur Keputusan Pembelian; dan 6) Mengetahui dan menjelaskan secara parsial pengaruh variabel Kecocokan Selebriti terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada tujuh, yaitu Citra Pembuat (X1), Citra Pemakai (X2), Citra Produk (X3), Kredibilitas Selebriti (X4), Daya Tarik Selebriti (X5), Kecocokan Selebriti (X6), dan Struktur Keputusan Pembelian (Y). Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuisioner secara offline pada Konsumen yang Pernah Membeli Produk Makobu Cake dengan kriteria pernah melakukan pembelian produk Makobu Cake, memiliki batasan usia minimal 17 tahun, serta mengetahui Celebrity Endorser yang mempromosikan produk Makobu Cake. Sampel yang digunakan dalam ini berjumlah 116 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Citra Pembuat (X1), Citra Pemakai (X2), Citra Produk (X3), Kredibilitas Selebriti (X4), Daya Tarik Selebriti (X5), dan Kecocokan Selebriti (X6) berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Kemudian variabel Citra Pembuat (X1), Citra Pemakai (X2), Citra Produk (X3), Kredibilitas Selebriti (X4), Daya Tarik Selebriti (X5), dan Kecocokan Selebriti (X6), masing-masing berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian, berdasarkan hasil penelitian ini, sebaiknya Makobu Cake meningkatkan Brand Image dan mengoptimalkan Celebrity Endorser untuk kegiatan periklanan agar memperkuat keputusan pembelian produk.