Implementasi Real-time Dynamics Lighting dan Soft Shadow pada Lingkungan Game 2-Dimensi (Studi Kasus Game Wipe-It-Off)
Main Author: | Robinsyah, Muhammad Dikri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161780/1/Muhammad%20Dikri%20Robinsyah.pdf http://repository.ub.ac.id/161780/ |
Daftar Isi:
- Pertumbuhan industri game berawal dari berkembangnya game 2-dimensi. Namun pada perkembangannya game 2-dimensi mulai kalah dengan game 3- dimensi. Sedangkan game 2-dimensi memiliki kelebihan yaitu biaya pembuatan yang lebih murah dan proses pengerjaan yang lebih singkat dari pada game 3- dimensi. Dengan menambahkan metode real-time dynamics lighting dan soft shadow diharapkan dapat meningkatkan nilai dari game 2-dimensi itu sendiri. Oleh karena itu pada proyek skripsi ini diimplementasikan metode tersebut pada lingkungan game 2-dimensi dengan studi kasus Game Wipe-It-Off. Metode realtime dynamics lighting dan soft shadow diimplementasikan dengan menggunakan Graphic API OpenGL, Bahasa C++, dan GLSL. Dari performance testing didapatkan informasi mengenai frame rate, frame time, penggunaan CPU, dan penggunaan memori pada game yang menggunakan metode dan tidak menggunakan metode memiliki perbedaan yang tidak terlalu signifikan. Selain itu implementasi metode tersebut tidak terdapat indikasi terjadinya kebocoran memori, dimana penggunaan memori memiliki nilai yang stabil dengan selisih antara penggunaan memori terbesar dan terkecil adalah 790.528 bytes. Oleh karena itu penggunaan metode tersebut sangatlah disarankan untuk menambah nilai dari game tanpa harus mengorbankan performa game.