Implementasi Real-time Dynamics Lighting dan Soft Shadow pada Lingkungan Game 2-Dimensi (Studi Kasus Game Wipe-It-Off)

Main Author: Robinsyah, Muhammad Dikri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/161780/1/Muhammad%20Dikri%20Robinsyah.pdf
http://repository.ub.ac.id/161780/
ctrlnum 161780
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/161780/</relation><title>Implementasi Real-time&#xD; Dynamics Lighting dan Soft Shadow pada Lingkungan Game 2-Dimensi (Studi&#xD; Kasus Game Wipe-It-Off)</title><creator>Robinsyah, Muhammad Dikri</creator><subject>794.8 Electronic games</subject><description>Pertumbuhan industri game berawal dari berkembangnya game 2-dimensi.&#xD; Namun pada perkembangannya game 2-dimensi mulai kalah dengan game 3-&#xD; dimensi. Sedangkan game 2-dimensi memiliki kelebihan yaitu biaya pembuatan&#xD; yang lebih murah dan proses pengerjaan yang lebih singkat dari pada game 3-&#xD; dimensi. Dengan menambahkan metode real-time dynamics lighting dan soft&#xD; shadow diharapkan dapat meningkatkan nilai dari game 2-dimensi itu sendiri.&#xD; Oleh karena itu pada proyek skripsi ini diimplementasikan metode tersebut pada&#xD; lingkungan game 2-dimensi dengan studi kasus Game Wipe-It-Off. Metode realtime&#xD; dynamics lighting dan soft shadow diimplementasikan dengan menggunakan&#xD; Graphic API OpenGL, Bahasa C++, dan GLSL. Dari performance testing didapatkan&#xD; informasi mengenai frame rate, frame time, penggunaan CPU, dan penggunaan&#xD; memori pada game yang menggunakan metode dan tidak menggunakan metode&#xD; memiliki perbedaan yang tidak terlalu signifikan. Selain itu implementasi metode&#xD; tersebut tidak terdapat indikasi terjadinya kebocoran memori, dimana&#xD; penggunaan memori memiliki nilai yang stabil dengan selisih antara penggunaan&#xD; memori terbesar dan terkecil adalah 790.528 bytes. Oleh karena itu penggunaan&#xD; metode tersebut sangatlah disarankan untuk menambah nilai dari game tanpa&#xD; harus mengorbankan performa game.</description><date>2018-07-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/161780/1/Muhammad%20Dikri%20Robinsyah.pdf</identifier><identifier> Robinsyah, Muhammad Dikri (2018) Implementasi Real-time Dynamics Lighting dan Soft Shadow pada Lingkungan Game 2-Dimensi (Studi Kasus Game Wipe-It-Off). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2018/528/051808419</relation><recordID>161780</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Robinsyah, Muhammad Dikri
title Implementasi Real-time Dynamics Lighting dan Soft Shadow pada Lingkungan Game 2-Dimensi (Studi Kasus Game Wipe-It-Off)
publishDate 2018
topic 794.8 Electronic games
url http://repository.ub.ac.id/161780/1/Muhammad%20Dikri%20Robinsyah.pdf
http://repository.ub.ac.id/161780/
contents Pertumbuhan industri game berawal dari berkembangnya game 2-dimensi. Namun pada perkembangannya game 2-dimensi mulai kalah dengan game 3- dimensi. Sedangkan game 2-dimensi memiliki kelebihan yaitu biaya pembuatan yang lebih murah dan proses pengerjaan yang lebih singkat dari pada game 3- dimensi. Dengan menambahkan metode real-time dynamics lighting dan soft shadow diharapkan dapat meningkatkan nilai dari game 2-dimensi itu sendiri. Oleh karena itu pada proyek skripsi ini diimplementasikan metode tersebut pada lingkungan game 2-dimensi dengan studi kasus Game Wipe-It-Off. Metode realtime dynamics lighting dan soft shadow diimplementasikan dengan menggunakan Graphic API OpenGL, Bahasa C++, dan GLSL. Dari performance testing didapatkan informasi mengenai frame rate, frame time, penggunaan CPU, dan penggunaan memori pada game yang menggunakan metode dan tidak menggunakan metode memiliki perbedaan yang tidak terlalu signifikan. Selain itu implementasi metode tersebut tidak terdapat indikasi terjadinya kebocoran memori, dimana penggunaan memori memiliki nilai yang stabil dengan selisih antara penggunaan memori terbesar dan terkecil adalah 790.528 bytes. Oleh karena itu penggunaan metode tersebut sangatlah disarankan untuk menambah nilai dari game tanpa harus mengorbankan performa game.
id IOS4666.161780
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:46:33Z
last_indexed 2021-10-28T07:46:20Z
recordtype dc
_version_ 1751454351184887808
score 17.538404