Evaluasi Usability Dan Perbaikan Rancangan Antarmuka Pengguna Situs Web PT. Lintas Jejak Nusaraya Menggunakan Pendekatan Human Center Design
Main Author: | Ardhianto, Nurrachmat |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161763/1/Nurrachmat%20Ardhianto.pdf http://repository.ub.ac.id/161763/ |
Daftar Isi:
- PT. Lintas Jejak Nusaraya merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa tracking GPS pada kendaraan, yang memanfaatkan website untuk memberikan layanan kepada pengguna mulai dari informasi mengenai lokasi kendaraan saat ini hingga record perjalanan dari kendaraan. PT. Lintas Jejak Nusaraya memiliki beberapa permasalahan pada website diantaranya banyak pengguna kesusahan dalam memasukkan data dan pengguna membutuhkan waktu yang lama dalam mencari konten yang diinginkan. Selain itu banyak dari pengguna website PT. Lintas Jejak Nusaraya yang kurang familiar dalam menggunakan website. Dari permasalahan yang diketahui, bisa dikatakan website PT. Lintas Jejak Nusaraya belum menjadi website yang mudah digunakan oleh user, karena website yang mudah digunakan memiliki format situs yang memenuhi harapan pengguna, terutama yang berkaitan dengan navigasi, konten, dan organisasi. Dari hal-hal yang telah dijelaskan di atas peneliti ingin melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap website PT. Lintas Jejak Nusaraya, untuk memenuhi ekspetasi Lead Engineer bahwa website PT. Lintas Jejak Nusaraya memerlukan tingkat usability yang baik untuk digunakan oleh semua pengguna. Perbaikan antarmuka pengguna dilakukan dengan menggunakan pendekatan Human Centered Design. Aspek usability yang digunakan dalam pengujian antara lain; Efficiency untuk mengukur kecepatan akses, Effectiveness untuk mengukur tingkat keberhasilan, dan untuk mengukur Satisfaction digunakanlah kuesioner System Usabiliy Scale. Evaluasi awal dilakukan pada antarmuka lama untuk menggali permasalahan memunculkan 9 masalah yang digunakan sebagai saran perbaikan pada prototype usulan perbaikan dan evaluasi akhir dilakukan pada prototype untuk mendapatkan feedback pengguna dari usulan perbaikan yang telah dibuat. Dari hasil evaluasi didapatkan peningkatan tingkat kepuasan yang meningkat dari rata-rata SUS Score 43,5 pada evaluasi awal menjadi SUS Score 71 pada evaluain akhir, meningkatkan waktu yang dibutuhkan untuk mengakses mengakses website PT. Lintas Jejak Nusaraya dari rata-rata 447 detik menjadi 399 detik, dan tingkat keberhasilah penyelesaian tugas dari 82,8% pada evaluasi awal menjadi 97% pada evaluasi akhir.