Evaluasi Usability Dan Perbaikan Rancangan Antarmuka Pengguna Situs Web PT. Lintas Jejak Nusaraya Menggunakan Pendekatan Human Center Design
Main Author: | Ardhianto, Nurrachmat |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161763/1/Nurrachmat%20Ardhianto.pdf http://repository.ub.ac.id/161763/ |
ctrlnum |
161763 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/161763/</relation><title>Evaluasi Usability Dan Perbaikan Rancangan
Antarmuka Pengguna Situs Web PT. Lintas Jejak
Nusaraya Menggunakan Pendekatan
Human Center Design</title><creator>Ardhianto, Nurrachmat</creator><subject>006.7 Multimedia systems</subject><description>PT. Lintas Jejak Nusaraya merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang
jasa tracking GPS pada kendaraan, yang memanfaatkan website untuk
memberikan layanan kepada pengguna mulai dari informasi mengenai lokasi
kendaraan saat ini hingga record perjalanan dari kendaraan. PT. Lintas Jejak
Nusaraya memiliki beberapa permasalahan pada website diantaranya banyak
pengguna kesusahan dalam memasukkan data dan pengguna membutuhkan
waktu yang lama dalam mencari konten yang diinginkan. Selain itu banyak dari
pengguna website PT. Lintas Jejak Nusaraya yang kurang familiar dalam
menggunakan website. Dari permasalahan yang diketahui, bisa dikatakan website
PT. Lintas Jejak Nusaraya belum menjadi website yang mudah digunakan oleh user,
karena website yang mudah digunakan memiliki format situs yang memenuhi
harapan pengguna, terutama yang berkaitan dengan navigasi, konten, dan
organisasi. Dari hal-hal yang telah dijelaskan di atas peneliti ingin melakukan
evaluasi dan perbaikan terhadap website PT. Lintas Jejak Nusaraya, untuk
memenuhi ekspetasi Lead Engineer bahwa website PT. Lintas Jejak Nusaraya
memerlukan tingkat usability yang baik untuk digunakan oleh semua pengguna.
Perbaikan antarmuka pengguna dilakukan dengan menggunakan pendekatan
Human Centered Design. Aspek usability yang digunakan dalam pengujian antara
lain; Efficiency untuk mengukur kecepatan akses, Effectiveness untuk mengukur
tingkat keberhasilan, dan untuk mengukur Satisfaction digunakanlah kuesioner
System Usabiliy Scale. Evaluasi awal dilakukan pada antarmuka lama untuk
menggali permasalahan memunculkan 9 masalah yang digunakan sebagai saran
perbaikan pada prototype usulan perbaikan dan evaluasi akhir dilakukan pada
prototype untuk mendapatkan feedback pengguna dari usulan perbaikan yang
telah dibuat. Dari hasil evaluasi didapatkan peningkatan tingkat kepuasan yang
meningkat dari rata-rata SUS Score 43,5 pada evaluasi awal menjadi SUS Score 71
pada evaluain akhir, meningkatkan waktu yang dibutuhkan untuk mengakses
mengakses website PT. Lintas Jejak Nusaraya dari rata-rata 447 detik menjadi 399
detik, dan tingkat keberhasilah penyelesaian tugas dari 82,8% pada evaluasi awal
menjadi 97% pada evaluasi akhir.</description><date>2018-07-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/161763/1/Nurrachmat%20Ardhianto.pdf</identifier><identifier> Ardhianto, Nurrachmat (2018) Evaluasi Usability Dan Perbaikan Rancangan Antarmuka Pengguna Situs Web PT. Lintas Jejak Nusaraya Menggunakan Pendekatan Human Center Design. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2018/484/051808326</relation><recordID>161763</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Ardhianto, Nurrachmat |
title |
Evaluasi Usability Dan Perbaikan Rancangan
Antarmuka Pengguna Situs Web PT. Lintas Jejak
Nusaraya Menggunakan Pendekatan
Human Center Design |
publishDate |
2018 |
topic |
006.7 Multimedia systems |
url |
http://repository.ub.ac.id/161763/1/Nurrachmat%20Ardhianto.pdf http://repository.ub.ac.id/161763/ |
contents |
PT. Lintas Jejak Nusaraya merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang
jasa tracking GPS pada kendaraan, yang memanfaatkan website untuk
memberikan layanan kepada pengguna mulai dari informasi mengenai lokasi
kendaraan saat ini hingga record perjalanan dari kendaraan. PT. Lintas Jejak
Nusaraya memiliki beberapa permasalahan pada website diantaranya banyak
pengguna kesusahan dalam memasukkan data dan pengguna membutuhkan
waktu yang lama dalam mencari konten yang diinginkan. Selain itu banyak dari
pengguna website PT. Lintas Jejak Nusaraya yang kurang familiar dalam
menggunakan website. Dari permasalahan yang diketahui, bisa dikatakan website
PT. Lintas Jejak Nusaraya belum menjadi website yang mudah digunakan oleh user,
karena website yang mudah digunakan memiliki format situs yang memenuhi
harapan pengguna, terutama yang berkaitan dengan navigasi, konten, dan
organisasi. Dari hal-hal yang telah dijelaskan di atas peneliti ingin melakukan
evaluasi dan perbaikan terhadap website PT. Lintas Jejak Nusaraya, untuk
memenuhi ekspetasi Lead Engineer bahwa website PT. Lintas Jejak Nusaraya
memerlukan tingkat usability yang baik untuk digunakan oleh semua pengguna.
Perbaikan antarmuka pengguna dilakukan dengan menggunakan pendekatan
Human Centered Design. Aspek usability yang digunakan dalam pengujian antara
lain; Efficiency untuk mengukur kecepatan akses, Effectiveness untuk mengukur
tingkat keberhasilan, dan untuk mengukur Satisfaction digunakanlah kuesioner
System Usabiliy Scale. Evaluasi awal dilakukan pada antarmuka lama untuk
menggali permasalahan memunculkan 9 masalah yang digunakan sebagai saran
perbaikan pada prototype usulan perbaikan dan evaluasi akhir dilakukan pada
prototype untuk mendapatkan feedback pengguna dari usulan perbaikan yang
telah dibuat. Dari hasil evaluasi didapatkan peningkatan tingkat kepuasan yang
meningkat dari rata-rata SUS Score 43,5 pada evaluasi awal menjadi SUS Score 71
pada evaluain akhir, meningkatkan waktu yang dibutuhkan untuk mengakses
mengakses website PT. Lintas Jejak Nusaraya dari rata-rata 447 detik menjadi 399
detik, dan tingkat keberhasilah penyelesaian tugas dari 82,8% pada evaluasi awal
menjadi 97% pada evaluasi akhir. |
id |
IOS4666.161763 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:46:33Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:46:20Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454351409283072 |
score |
17.538404 |