Engaruh Motif Pembelian Terhadap Niat Beli Produk Sayur Organik Di Cv. Kurnia Kitri Ayu Farm
Main Author: | Wibisono, Carina Dyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161610/1/CARINA%20DYAH%20WIBISONO.pdf http://repository.ub.ac.id/161610/ |
ctrlnum |
161610 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/161610/</relation><title>Engaruh Motif Pembelian Terhadap Niat Beli Produk
Sayur Organik Di Cv. Kurnia Kitri Ayu Farm</title><creator>Wibisono, Carina Dyah</creator><subject>381.41 Product of agriculture</subject><description>Awal mula berkembangnya pertanian organik di Indonesia dimulai pada
awal tahun 1980-an. Berdasarkan data Statistik Pertanian Organik Indonesia
(SPOI) luasan total pertanian organik pada tahun 2013 adalah 220.300 Ha, dimana
pada tahun sebelumnya yaitu tahun 2012 hanya sebesar 212.696 Ha. Semakin
bertambahnya luasan lahan pertanian organik dipengaruhi oleh gaya hidup sehat
yang telah menjadi trend dalam kehidupan masyarakat selaku konsumen. Salah
satu perilaku hidup sehat yang dilakukan oleh masyarakat yaitu dengan
mengkonsumsi produk pertanian organik. Produk sayuran merupakan salah satu
produk organik yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Tuntutan
konsumen terhadap gaya hidup sehat tersebut juga telah mendorong produsen
untuk merubah orientasi usaha mereka, dengan mempertimbangkan aspek ekologi
selain aspek ekonomi. Salah satu perusahaan yang bergerak dalam pemenuhan
sayuran organik di kota malang adalah CV. Kurnia Kitri Ayu Farm (KKAF).
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis motif konsumen dalam
mengkonsumsi sayur organik di CV. Kurnia Kitri Ayu Farm, (2) menganalisis
pengaruh kesadaran konsumen terhadap kesehatan, lingkungan, dan keterlibatan
konsumen terhadap niat beli sayur organik, (3) Merumuskan strategi yang tepat
untuk meningkatkan minat beli melalui motif pembelian sayur organik.
Berdasarkan hasil uji hipotesis didapatkan bahwa terdapat pengaruh
langsung positif dan signifikan antara variabel kesadaran kesehatan terhadap niat
beli dan variabel kesadaran lingkungan terhadap niat beli. Selain itu terdapat
pengaruh tidak langsung melalui variabel mediasi keterlibatan konsumen, yakni
pada variabel keterlibatan konsumen terhadap niat beli. Sedangkan variabel
kesadaran kesehatan terhadap niat beli tidak dimediasi oleh variabel keterlibatan
konsumen. Berdasarkan nilai dan pengaruh tersebut, dapat disrumuskan strategi
pemasaran yang diharapkan dapat meningkatkan niat beli produk sayur organik.
Berikut merupakan strategi yang dirumuskan:
a. Membuat slogan yang dapat mengajak konsumen untuk membeli produk
sayuran organik dengan ikut serta menjaga kelestarian lingkungan seperti
“Dengan Membeli Produk Sayur Organik Anda Telah Ikut Serta Dalam
Melestarikan Lingkungan”.
b. Mengubah kemasan menjadi lebih variatif dengan menggunakan kemasan
non plastik dan ramah lingkungan serta menambah informasi label pada
kemasan yang menyatakan produk ramah lingkungan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai pengaruh motif
pembelian terhadap niat beli sayur organik di CV. Kurnia Kitri Ayu Farm, dapat
disimpulkan bahwa motif kesehatan merupakan motif dominan yang dipilih oleh
responden dalam mengkonsumsi sayuran organik dengan presentase jawaban
sebesar 42.66%. Terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung, yakni pengaruh
langsung terdapat pada variabel Kesadaran Kesehatan (KK) terhadap Niat Beli
(NB) dan variabel Kesadaran Lingkungan (KL) terhadap Niat Beli (NB).Pengaruh tidak langsung melalui variabel mediasi Keterlibatan Konsumen (KET)
hanya dihasilkan oleh variabel Kesadaran Lingkungan (KL) terhadap Niat Beli
(NB). Strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan niat beli produk sayur
organik lebih difokuskan melalui upaya kesadaran lingkungan, yaitu dengan
melakukan membuat slogan mengenai kelestarian lingkungan pada kemasan sayur
organik dan mengubah kemasan sayur organik dengan kemasan ramah
lingkungan.</description><date>2018-06-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/161610/1/CARINA%20DYAH%20WIBISONO.pdf</identifier><identifier> Wibisono, Carina Dyah (2018) Engaruh Motif Pembelian Terhadap Niat Beli Produk Sayur Organik Di Cv. Kurnia Kitri Ayu Farm. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FP/2018/308/051804908</relation><recordID>161610</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Wibisono, Carina Dyah |
title |
Engaruh Motif Pembelian Terhadap Niat Beli Produk
Sayur Organik Di Cv. Kurnia Kitri Ayu Farm |
publishDate |
2018 |
topic |
381.41 Product of agriculture |
url |
http://repository.ub.ac.id/161610/1/CARINA%20DYAH%20WIBISONO.pdf http://repository.ub.ac.id/161610/ |
contents |
Awal mula berkembangnya pertanian organik di Indonesia dimulai pada
awal tahun 1980-an. Berdasarkan data Statistik Pertanian Organik Indonesia
(SPOI) luasan total pertanian organik pada tahun 2013 adalah 220.300 Ha, dimana
pada tahun sebelumnya yaitu tahun 2012 hanya sebesar 212.696 Ha. Semakin
bertambahnya luasan lahan pertanian organik dipengaruhi oleh gaya hidup sehat
yang telah menjadi trend dalam kehidupan masyarakat selaku konsumen. Salah
satu perilaku hidup sehat yang dilakukan oleh masyarakat yaitu dengan
mengkonsumsi produk pertanian organik. Produk sayuran merupakan salah satu
produk organik yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Tuntutan
konsumen terhadap gaya hidup sehat tersebut juga telah mendorong produsen
untuk merubah orientasi usaha mereka, dengan mempertimbangkan aspek ekologi
selain aspek ekonomi. Salah satu perusahaan yang bergerak dalam pemenuhan
sayuran organik di kota malang adalah CV. Kurnia Kitri Ayu Farm (KKAF).
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis motif konsumen dalam
mengkonsumsi sayur organik di CV. Kurnia Kitri Ayu Farm, (2) menganalisis
pengaruh kesadaran konsumen terhadap kesehatan, lingkungan, dan keterlibatan
konsumen terhadap niat beli sayur organik, (3) Merumuskan strategi yang tepat
untuk meningkatkan minat beli melalui motif pembelian sayur organik.
Berdasarkan hasil uji hipotesis didapatkan bahwa terdapat pengaruh
langsung positif dan signifikan antara variabel kesadaran kesehatan terhadap niat
beli dan variabel kesadaran lingkungan terhadap niat beli. Selain itu terdapat
pengaruh tidak langsung melalui variabel mediasi keterlibatan konsumen, yakni
pada variabel keterlibatan konsumen terhadap niat beli. Sedangkan variabel
kesadaran kesehatan terhadap niat beli tidak dimediasi oleh variabel keterlibatan
konsumen. Berdasarkan nilai dan pengaruh tersebut, dapat disrumuskan strategi
pemasaran yang diharapkan dapat meningkatkan niat beli produk sayur organik.
Berikut merupakan strategi yang dirumuskan:
a. Membuat slogan yang dapat mengajak konsumen untuk membeli produk
sayuran organik dengan ikut serta menjaga kelestarian lingkungan seperti
“Dengan Membeli Produk Sayur Organik Anda Telah Ikut Serta Dalam
Melestarikan Lingkungan”.
b. Mengubah kemasan menjadi lebih variatif dengan menggunakan kemasan
non plastik dan ramah lingkungan serta menambah informasi label pada
kemasan yang menyatakan produk ramah lingkungan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai pengaruh motif
pembelian terhadap niat beli sayur organik di CV. Kurnia Kitri Ayu Farm, dapat
disimpulkan bahwa motif kesehatan merupakan motif dominan yang dipilih oleh
responden dalam mengkonsumsi sayuran organik dengan presentase jawaban
sebesar 42.66%. Terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung, yakni pengaruh
langsung terdapat pada variabel Kesadaran Kesehatan (KK) terhadap Niat Beli
(NB) dan variabel Kesadaran Lingkungan (KL) terhadap Niat Beli (NB).Pengaruh tidak langsung melalui variabel mediasi Keterlibatan Konsumen (KET)
hanya dihasilkan oleh variabel Kesadaran Lingkungan (KL) terhadap Niat Beli
(NB). Strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan niat beli produk sayur
organik lebih difokuskan melalui upaya kesadaran lingkungan, yaitu dengan
melakukan membuat slogan mengenai kelestarian lingkungan pada kemasan sayur
organik dan mengubah kemasan sayur organik dengan kemasan ramah
lingkungan. |
id |
IOS4666.161610 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:46:27Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:46:16Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454354718588928 |
score |
17.538404 |