Pengaruh Marketing Mix (7P) dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Healthy Food Bar di Malang
Main Author: | Carolina, Etty |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/159824/ |
Daftar Isi:
- Peningkatan aktivitas dan pendapatan penduduk, mendorong semakin diperlukannya makanan dan minuman yang praktis, mudah, dan cepat cara penyajiannya serta bergizi tinggi. Healthy Food Bar (HFB) merupakan produk yang mempertimbangkan nilai gizi yang tinggi dan berguna untuk kesehatan. Makanan ini mengandung gula sehingga memberikan suplai energi, tahan lama (awet), siap makan, terbuat dari tepung-tepungan yang memiliki kandungan protein, karbohidrat, serta vitamin dan cocok dimakan untuk segala usia, dibentuk menjadi bentuk padat dan kompak (a food bar form). Keputusan pembelian produk HFB dipengaruhi oleh marketing mix yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan proccess (7P) serta perilaku konsumen.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial variabel-variabel dalam marketing mix yang terdiri atas atribut produk, harga (x1.2), saluran distribusi (x1.3), promosi (x1.4), orang (x1.5), proses (x1.6), lingkungan fisik (x1.7) serta variabel-variabel dalam perilaku konsumen yang terdiri atas faktor lingkungan (x2.1), faktor individu (x2.2), faktor psikologis (x2.3) terhadap keputusan pembelian HFB. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada 100 konsumen HFB yang dipilih berdasarkan metode judgement sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode Regresi Linier Berganda.Hasil analisis diperoleh bahwa variabel marketing mix (produk, harga, saluran distribusi, promosi, orang, proses, lingkungan fisik) dan perilaku konsumen (faktor lingkungan, individu, psikologis) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk HFB. Namun demikian secara parsial variabel marketing mix (produk, harga, saluran distribusi, promosi, orang, proses) dan variabel perilaku konsumen (faktor lingkungan, individu, psikologis) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk HFB sedangkan variabel lingkungn fisik berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian produk HFB.