Analisis Variabel Marketing Mix yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Oleh-oleh Makanan Khas Malang
Main Author: | Agustin, DyahRahayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/159820/ |
Daftar Isi:
- Kota Malang terkenal dengan oleh-oleh khasnya yang berbahan baku apel dan tempe dengan aneka hasil olahannya seperti keripik apel, dodol apel, minuman sari apel, cuka apel, pia apel dan bahkan sambel apel, dimana pertumbuhan bisnis oleh-oleh sebagai bagian dari industri (makanan) dapat disejajarkan dengan pertumbuhan industri makanan dan minuman. Penelitian ini menganalisa pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada konsumen produk oleh-oleh makanan khas Malang yang sudah pernah melakukan pembelian makanan khas Malang sebelumnya. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap 100 orang responden ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian dengan menggunakan model regresi linear berganda, variabel produk, variabel harga, variabel promosi dan variabel distribusi secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 86,6%. Melalui pengujian secara parsial, ditemukan bahwa variabel produk, variabel harga, variabel promosi dan variabel distribusi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel promosi adalah variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal ini dapat dilihat dari hasil koefisien determinasi parsial (R 2 ) variabel promosi memiliki nilai terbesar yaitu sebesar (32,8%).