Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Firm Reputation, Financial Performance dan Employee Turnover (Studi pada Sektor Perbankan Umum di Kota Malang)
Main Author: | Kusumaningrum, FrancelinaMayta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/159680/ |
Daftar Isi:
- Saat ini entitas bisnis di segala bidang dituntut untuk tidak hanya fokus pada aspek keuangan ( single bottom line ), melainkan juga memperhatikan aspek sosial dan lingkungan ( triple bottom line ). Sinergi dari ketiga aspek ini akan membentuk konsep pembangunan yang berkelanjutan ( sustainable development ), yang merupakan tujuan akhir perusahaan. Penelitian ini merupakan studi empiris yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelaksanaan Corporate Social Responsibilty (CSR) terhadap firm reputation , financial performance , dan employee turnover pada sektor perbankan umum di Kota Malang. Penelitian ini memberikan implikasi manajerial mengenai bagaimana perbankan melaksanakan CSR untuk meningkatkan firm reputation , financial performance (profitabilitas), dan menurunkan employee turnover . Populasi penelitian ini adalah seluruh perbankan umum yang memiliki cabang di Kota Malang, baik yang menjalankan fungsinya secara konvensional ataupun berdasarkan prinsip syariah, yang berjumlah 35 bank umum. Data jawaban dari responden tersebut dianalisis kesesuaiannya dengan model penelitian yang dikembangkan dari teori-teori dan penelitian terdahulu menggunakan metode analisis Partial Least Square (PLS). Dari hasil analisis data ditemukan bahwa CSR berpengaruh terhadap firm reputation. CSR juga terbukti berpengaruh terhadap employee turnover melalui peran mediasi firm reputation , namun CSR tidak terbukti berpengaruh terhadap financial performance baik secara langsung maupun melalui peran mediasi firm reputation . Perusahaan yang melaksanakan CSR secara strategis dan berkesinambungan terbukti mendapatkan manfaat yang lebih baik, yakni tingkat employee turnover yang lebih rendah, firm reputation yang lebih baik, dan financial performance (profitabilitas) yang lebih tinggi.