Implikasi Praktik Total Quality Management terhadap Kinerja Organisasi dan Kepuasan Pelanggan (Studi pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Malang)
Main Author: | Anas, MYusufAzwar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/159615/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh variabel-variabel praktik Total Quality Management terhadap kinerja organisasi dan kepuasan pelanggan pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Malang. Populasi adalah Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Malang yang telah terakreditasi A dari BAN-SM, yang berjumlah 50 sekolah dan diteliti menggunakan metode sensus, selanjutnya data dianalisa dengan metode regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik Total Quality Management (TQM) di sekolah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi dan secara parsial manajemen pendidikan, informasi manajemen, pengembangan hubungan dan manajemen berpengaruh signifikan, sedangkan kepemimpinan, sumberdaya manusia, dan fokus pada kepuasan konsumen tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi. Adapun terhadap kepuasan pelanggan tidak berpengaruh signifikan. Variabel kepemimpinan, manajemen pendidikan, informasi manajemen, fokus pada kepuasan pelanggan dan pengembangan hubungan dan manajemen berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan, namun pada variabel sumberdaya manusia berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.