Pengaruh Kualitas Pelayanan Internal dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan pada PT. (Persero) Pelabuhan Laut Indonesia II Cabang Pontianak
Main Author: | Astura, YuanitaMinarni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/159520/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji tentang Kualitas Pelayanan Internal, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. Peneliti hendak menganalisis apakah Kualitas Pelayanan Internal dan Motivasi Kerja berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja. Metode analisis data yang digunkan dalam penelitian ini adalah analisis jalur ( path analysis ) dengan bantuan perhitungan melalui program SPSS versi 11.0, untuk menjawab pola hubungan antar variabel, baik pengaruh langsung maupun tidak langsung. Populasi penelitian adalah anggota divisi Sumber Daya Manusia, Umum dan Pengadaan. Sampel penelitian berjumlah 70 orang dan pengambilan data dilakukan dengan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kualitas pelayanan internal dan motivasi kerja berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan kerja karyawan. yang berarti semakin baiknya kualitas pelayanan internal dan motivasi kerja yang ada berakibat pada kenyamanan karyawan dalam bekerja serta memacu karyawan agar lebih berprestasi dan menciptakan kepuasan dalam bekerja. Kualitas Pelayanan Internal dan Motivasi Kerja berpengaruh secara signifikan positif terhadap Kinerja karyawan. Kualitas Pelayanan Internal dan Motivasi kerja yang dirasakan baik oleh karyawan serta tinggi rendahnya produktivitas Kinerja Karyawan didukung dari pelayanan manajemen yang diberikan kepada karyawan. Kepuasan Kerja berpengaruh secara signifikan positif terhadap Kinerja Karyawan. Dimana tingkat kepuasan kerja karyawan perlu diperhatikan secara adil oleh pihak manajemen untuk meningkatkan Kinerja Karyawan yang diharapkan. Kualitas Pelayanan Internal dan Motivasi Kerja Berpengaruh secara tidak langsung terhadap Kinerja karyawan melalui Kepuasan Kerja. Pengaruh tersebut adalah pengaruh positif. Dimana Kualitas Pelayanan Internal Dan motivasi Kerja yang diberikan oleh pihak manajemen akan memberikan dampak yang baik pula terhadap peningkatan Kinerja Karyawan serta Kepuasan Kerja karyawan yang sesuai dengan harapan perusahaan. Dan Kepuasan kerja disini malah memperkuat dampak dari Kualitas Pelayanan Internal dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan.