Penentuan Faktor-Faktor untuk Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Berdasarkan Hasil Analisis Metode Servqual dan Regresi Linier Berganda (Studi Kasus Jurusan Teknik Mesin Universitas X)
Main Author: | Sujatmiko |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/157313/ |
Daftar Isi:
- Tercatat lebih kurang 27 Perguruan Tinggi di Kota malang (B.M, 2011) ini merupakan situasi persaingan yang semakin ketat dari waktu ke waktu, menyebabkan banyak perguruan tinggi swasta sulit untuk meningkatkan jumlah mahasiswa yang masuk. Pada Jurusan Teknik Mesin Universitas X belum diidentifikasi kualitas pelayanan dan strategi yang menunjang terhadap tingkat kepuasan dari mahasiswa sehingga dapat meningkatkan kualitas dari Mahasiswa. Pada penelitian ini digunakan metode service quality ( servqual ) dan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui dimensi kualitas pelayanan mana saja yang paling mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Langkah dalam penelitian ini diawali dengan penyebaran kuesioner yang kemudian dilakukan analisis gap dengan metode servqual dan regresi linier berganda. Hasil dari kedua metode tersebut kemudian dilakukan analisis untuk diketahui kriteria-kriteria kualitas pelayanan yang akan diprioritaskan untuk ditingkatkan kualitas pelayanannya. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda hanya dimensi tangible yang berpengaruh secara signifikan untuk meningkatkan kepuasan secara keseluruhan. Untuk perbaikan kondisi fisiknya dilakukan prioritas perbaikan sebagai berikut perbaikan kelengkapan sarana dan prasarana dalam media informasi (internet), perbaikan kelengkapan sarana dan prasarana dalam perkuliahan, penambahan sarana informasi penunjang, perbaikan Kondisi tempat duduk dan meja kelas nyaman, kebersihan ruang kelas, perbaikan kelengkapan sarana dan prasarana dalam perpustakaan, perbaikan Sirkulasi udara ruang kelas nyaman, suhu ruang kelas nyaman, pencahayaan ruang kelas nyaman.