Analisis Pengaruh Pelatihan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsia Puri Bunda Malang

Main Author: Widyaningrum, Kurnia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/157108/
ctrlnum 157108
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/157108/</relation><title>Analisis Pengaruh Pelatihan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsia Puri Bunda Malang</title><creator>Widyaningrum, Kurnia</creator><subject>362.1 People with physical illnesses</subject><description> &#xD; &#xD; Peningkatan jumlah pasien dan peningkatan kinerja rumah sakit seharusnya diikuti dengan peningkatan kualitas layanan. Dengan kualitas layanan yang baik maka kepuasan pasien akan meningkat dan akan kembali untuk menggunakan layanan. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa terjadi penurunan tingkat kepuasan pasien di unit rawat inap RSIA Puri Bunda. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan kepuasan pasien sebelum dan sesudah pemberian pelatihan pelayanan prima serta mencari faktor kualitas layanan yang mempengaruhi kepuasan pasien. Metode pada penelitian ini adalah dengan pre-post quasi experimental design. Responden merupakan pasien di unit rawat inap RSIA Puri Bunda yang menjalani perawatan minimal 2 hari. Total responden 181 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perbedaan rerata kepuasan pada P0 sebesar 3,86, P1 sebesar 4,29 dan P2 sebesar 4,06. Melalui uji Mann Whitney didapatkan perbedaan signifikan pada kelompok P1 dan P2 pada variabel product quality dengan nilai sig 0,010 dan emotional factor dengan sig 0,005. Saran kepada manajemen rumah sakit adalah mengadakan pelatihan berkesinambungan sehingga tercapai hasil yang diharapkan&#xD; </description><date>2015-08-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Widyaningrum, Kurnia (2015) Analisis Pengaruh Pelatihan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsia Puri Bunda Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>TES/362.110 68/WID/a/2015/041602056</relation><recordID>157108</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Widyaningrum, Kurnia
title Analisis Pengaruh Pelatihan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsia Puri Bunda Malang
publishDate 2015
topic 362.1 People with physical illnesses
url http://repository.ub.ac.id/157108/
contents Peningkatan jumlah pasien dan peningkatan kinerja rumah sakit seharusnya diikuti dengan peningkatan kualitas layanan. Dengan kualitas layanan yang baik maka kepuasan pasien akan meningkat dan akan kembali untuk menggunakan layanan. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa terjadi penurunan tingkat kepuasan pasien di unit rawat inap RSIA Puri Bunda. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan kepuasan pasien sebelum dan sesudah pemberian pelatihan pelayanan prima serta mencari faktor kualitas layanan yang mempengaruhi kepuasan pasien. Metode pada penelitian ini adalah dengan pre-post quasi experimental design. Responden merupakan pasien di unit rawat inap RSIA Puri Bunda yang menjalani perawatan minimal 2 hari. Total responden 181 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perbedaan rerata kepuasan pada P0 sebesar 3,86, P1 sebesar 4,29 dan P2 sebesar 4,06. Melalui uji Mann Whitney didapatkan perbedaan signifikan pada kelompok P1 dan P2 pada variabel product quality dengan nilai sig 0,010 dan emotional factor dengan sig 0,005. Saran kepada manajemen rumah sakit adalah mengadakan pelatihan berkesinambungan sehingga tercapai hasil yang diharapkan
id IOS4666.157108
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T05:05:10Z
last_indexed 2021-10-28T07:42:50Z
recordtype dc
_version_ 1751454393227542528
score 17.538404