Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien Prioritas 3 (P3) Di Igd Rsud Dr.Iskak Tulungagung
Main Author: | Subagyo, KukuhHeru |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/157107/ |
Daftar Isi:
- Latar Belakang: Kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diterimanya akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: Komunikasi petugas pemberi pelayanan, prosedur administrasi yang diberlakukan pemberi pelayanan, waktu menunggu, fasilitas yang tersedia. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien prioritas 3 (P3) di IGD RSUD dr. Iskak Tulungagung Metode: Desain penelitian analitik dengan pendekatan cross-sectional. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Subyek penelitian sejumlah 101 responden. Instrumen menggunakan kuesioner. Analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil: Hasil penelitian tentang faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien prioritas 3 (P3) diperoleh nilai t hitung -2,971 dan p=0,004 0,05 pada faktor waktu tunggu, nilai t hitung 7,062 dan p=0,000 0,05 pada komunikasi petugas, t hitung 2,293 dan p=0,004 pada prosedur administrasi serta nilai t hitung 5,410 dan p=0,000 0,05 pada faktor fasilitas pelayanan. Sehingga semua faktor diketahui memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien. Kesimpulan: Terdapat pengaruh antara faktor komunikasi petugas pemberi pelayanan, prosedur administrasi yang berlaku, waktu tunggu dan faktor fasilitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien