Pengaruh Loyalitas Pasien terhadap Komitmen dan Keinginan Bertahan Berobat di Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Gondanglegi
Main Author: | Fitriasari, Nikma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/157090/ |
Daftar Isi:
- Berkaitan dengan Peta Jalan Jaminan Kesehatan Nasional, seluruh penduduk akan menjadi peserta BPJS di tahun 2019. 73,6% pasien umum di RSI Gondanglegi juga akan menjadi peserta BPJS. Ini menjadi tantangan agar 73,6% pasien tetap memilih RSI Gondanglegi. Tantangan berikutnya adalah peserta BPJS bebas memilih faskes satu level dan adanya rumah sakit kompetitor. Hal ini menuntut rumah sakit memiliki strategi meningkatkan kepuasan pasien sehingga mereka tetap loyal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh loyalitas pasien terhadap komitmen dan keinginan bertahan berobat di pelayanan rawat jalan RSI Gondanglegi. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif cross sectional dengan membagikan kuesioner selama dua minggu pada Januari dan Februari 2016. Pengambilan sampel melalui metode consecutive sampling dengan jumlah 255 pasien. Hasil analisis data penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan loyalitas terhadap komitmen (dc 0,609), pengaruh signifikan komitmen terhadap keinginan bertahan berobat (dc 0,221), pengaruh signifikan loyalitas terhadap keinginan bertahan berobat (dc 0,525), dan pengaruh signifikan loyalitas terhadap keinginan bertahan melalui komitmen (ic 0,134). Pengaruh dominan adalah loyalitas terhadap keinginan bertahan (dc 0,659). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien di pelayanan rawat jalan RSI Gondanglegi memiliki loyalitas yang tinggi, dan memiliki komitmen untuk tetap bertahan berobat saat mereka menjadi peserta BPJS.