Analisis Pengaruh Variabel-Variabel Pada Model Utaut Yang Dimodifikasi Terhadap Penggunaan Website Ecommerce (Studi Pada Pengguna Toko Fashion Online Www.Zalora.Co.Id)

Main Author: Moerti, Hari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/155453/
ctrlnum 155453
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/155453/</relation><title>Analisis Pengaruh Variabel-Variabel Pada Model Utaut Yang Dimodifikasi Terhadap Penggunaan Website Ecommerce (Studi Pada Pengguna Toko Fashion Online Www.Zalora.Co.Id)</title><creator>Moerti, Hari</creator><subject>006.7 Multimedia systems</subject><description> eCommerce adalah kepanjangan&#xD; dari electronic commerce yang berarti perdagangan elektronik atau&#xD; transaksi bisnis yang terjadi di jaringan elektronik seperti internet. Sebagai&#xD; sebuah bisnis, website eCommerce harus dapat diterima dan digunakan oleh&#xD; para penggunanya sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Tujuan &#x2013; Tujuan&#xD; penelitian ini adalah untuk mengalisis penggunaan Sistem Informasi pada&#xD; pengguna website eCommerce dengan pendekatan model UTAUT (Unified&#xD; Theory of Acceptance and Use of Technology). Tujuan penelitian secara lebih&#xD; spesifik adalah untuk : menguji pengaruh Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha,&#xD; Pengaruh Sosial terhadap Niat Keperilakuan; menguji pengaruh Kondisi-kondisi&#xD; Pemfasilitasi, Niat Keperilakuan terhadap Perilaku Menggunakan; menguji&#xD; pengaruh Umur sebagai variabel moderasi. Metode/pendekatan -- Penelitian&#xD; ini adalah penelitian eksplanatori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.&#xD; Responden dalam penelitian ini sejumlah 100 orang yang telah mengisi kuesioner&#xD; secara online. Metode sampling yang digunakan penelitian ini adalah sampel acak&#xD; sederhana. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini merupakan skala&#xD; perbedaan semantik dengan serangkaian karakteristik bipolar (dua kutub&#xD; berlawanan) berisikan 7 titik butir skala, gradasi dari sangat negatif sebelah&#xD; kiri titik 1 sampai sangat positif sebelah kanan titik 7. Metode analisis data&#xD; penelitian ini menggunakan Generalized Structured Component Analysis (GSCA). Hasil -- (1) Ekspektasi Kinerja berpengaruh signifikan terhadap Niat Keperilakuan;&#xD; (1a) Ekspektasi Kinerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Niat&#xD; Keperilakuan yang di moderasi Umur; (2) Ekspektasi Usaha berpengaruh signifikan&#xD; terhadap Niat Keperilakuan; (2a) Ekspektasi Usaha berpengaruh negatif dan tidak&#xD; signifikan terhadap Niat Keperilakuan yang dimoderasi Umur; (3) Pengaruh Sosial&#xD; berpengaruh signifikan terhadap Niat Keperilakuan; (3a) Pengaruh Sosial&#xD; berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Niat Keperilakuan yang&#xD; dimoderasi Umur; (4) Kondisi-kondisi Pemfasilitasi berpengaruh signifikan&#xD; terhadap Perilaku Menggunakan; (4a) Kondisi-kondisi Pemfasilitasi berpengaruh&#xD; negatif dan tidak signifikan terhadap Perilaku Menggunakan yang dimoderasi&#xD; Umur; (5) Niat Keperilakuan berpengaruh signifikan terhadap Perilaku&#xD; Menggunakan; Temuan -- Keberadaan variabel moderasi Umur ternyata tidak&#xD; memiliki pengaruh signifikan dalam hubungan antar variabel dalam penelitian&#xD; ini. </description><date>2015-05-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Moerti, Hari (2015) Analisis Pengaruh Variabel-Variabel Pada Model Utaut Yang Dimodifikasi Terhadap Penggunaan Website Ecommerce (Studi Pada Pengguna Toko Fashion Online Www.Zalora.Co.Id). Magister thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>TES/006.78/MOE/a/2015/041505074</relation><recordID>155453</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Moerti, Hari
title Analisis Pengaruh Variabel-Variabel Pada Model Utaut Yang Dimodifikasi Terhadap Penggunaan Website Ecommerce (Studi Pada Pengguna Toko Fashion Online Www.Zalora.Co.Id)
publishDate 2015
topic 006.7 Multimedia systems
url http://repository.ub.ac.id/155453/
contents eCommerce adalah kepanjangan dari electronic commerce yang berarti perdagangan elektronik atau transaksi bisnis yang terjadi di jaringan elektronik seperti internet. Sebagai sebuah bisnis, website eCommerce harus dapat diterima dan digunakan oleh para penggunanya sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Tujuan – Tujuan penelitian ini adalah untuk mengalisis penggunaan Sistem Informasi pada pengguna website eCommerce dengan pendekatan model UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology). Tujuan penelitian secara lebih spesifik adalah untuk : menguji pengaruh Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha, Pengaruh Sosial terhadap Niat Keperilakuan; menguji pengaruh Kondisi-kondisi Pemfasilitasi, Niat Keperilakuan terhadap Perilaku Menggunakan; menguji pengaruh Umur sebagai variabel moderasi. Metode/pendekatan -- Penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini sejumlah 100 orang yang telah mengisi kuesioner secara online. Metode sampling yang digunakan penelitian ini adalah sampel acak sederhana. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini merupakan skala perbedaan semantik dengan serangkaian karakteristik bipolar (dua kutub berlawanan) berisikan 7 titik butir skala, gradasi dari sangat negatif sebelah kiri titik 1 sampai sangat positif sebelah kanan titik 7. Metode analisis data penelitian ini menggunakan Generalized Structured Component Analysis (GSCA). Hasil -- (1) Ekspektasi Kinerja berpengaruh signifikan terhadap Niat Keperilakuan; (1a) Ekspektasi Kinerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Niat Keperilakuan yang di moderasi Umur; (2) Ekspektasi Usaha berpengaruh signifikan terhadap Niat Keperilakuan; (2a) Ekspektasi Usaha berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Niat Keperilakuan yang dimoderasi Umur; (3) Pengaruh Sosial berpengaruh signifikan terhadap Niat Keperilakuan; (3a) Pengaruh Sosial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Niat Keperilakuan yang dimoderasi Umur; (4) Kondisi-kondisi Pemfasilitasi berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Menggunakan; (4a) Kondisi-kondisi Pemfasilitasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Perilaku Menggunakan yang dimoderasi Umur; (5) Niat Keperilakuan berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Menggunakan; Temuan -- Keberadaan variabel moderasi Umur ternyata tidak memiliki pengaruh signifikan dalam hubungan antar variabel dalam penelitian ini.
id IOS4666.155453
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:55:41Z
last_indexed 2021-10-28T07:41:35Z
recordtype dc
_version_ 1751454408409874432
score 17.538404