Simulasi Antrian Pelanggan Samsat Corner Di Mall Olympic Garden Malang Dengan Model Antrian Multi Phase Single Server

Main Author: Dikendrias, Fahizal
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/155181/
ctrlnum 155181
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/155181/</relation><title>Simulasi Antrian Pelanggan Samsat Corner Di Mall Olympic Garden Malang Dengan Model Antrian Multi Phase Single Server</title><creator>Dikendrias, Fahizal</creator><subject>510 Mathematics</subject><description> Setiap kendaraan bermotor setiap tahunnya diwajibkan untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) atau perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) pada kantor SAMSAT. Proses perpanjangan STNK bisa membutuhkan waktu cukup lama, sehingga SAMSAT berinovasi mengadakan SAMSAT Corner. Namun pada SAMSAT Corner masih tampak pelanggan yang ramai mengantri dan tidak mendapat tempat duduk saat mengantri. Analisis sistem antrian dan simulasi model antrian dapat digunakan untuk membantu melihat apakah sistem antrian yang diterapkan sudah baik atau belum. Analisis yang dilakukan meliputi pembentukan model antrian dan melihat karakteristik dari model tersebut. Banyaknya fasilitas pelayanan yang tersedia menjadi hal yang penting. Semakin banyak fasilitas pelayanan, maka peluang untuk terjadinya antrian akan semakin kecil. Namun permasalahannya adalah banyaknya fasilitas akan menambah biaya operasional dari instansi tersebut. Hal yang penting dan perlu diperhatikan Kantor SAMSAT Corner adalah posisinya sebagai salah satu instansi pemerintah. Sehingga citra yang baik di mata masyarakat sangatlah diperlukan. SAMSAT Corner MOG Malang memiliki model antrian Multi Phase-Single Server yang terdiri dari tahap pendaftaran dan tahap pembayaran. Pada tahap pembayaran terdapat dua loket pembayaran namun yang difungsikan hanya satu, oleh karena itu di perlukan simulasi antrian untuk mengetahui efektifitas penggunan satu loket. Dari hasil analisis simualsi model antrian Multi Phase-Single Server didapatkan, ada sekitar 17 pelanggan yang berada pada ruang SAMSAT Corner MOG Malang dengan rata-rata waktu 18,546 menit yang dihabiskan setiap pelanggan untuk perpanjangan STNK. Hasil ini dirasa kurang efektif bila melihat SAMSAT Corner adalah alternatif pelanggan agar tidak mengantri dengan waktu lama pada kantor SAMSAT &#xD; </description><date>2016-10-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Dikendrias, Fahizal (2016) Simulasi Antrian Pelanggan Samsat Corner Di Mall Olympic Garden Malang Dengan Model Antrian Multi Phase Single Server. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/MIPA/2017/14/051700666</relation><recordID>155181</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Dikendrias, Fahizal
title Simulasi Antrian Pelanggan Samsat Corner Di Mall Olympic Garden Malang Dengan Model Antrian Multi Phase Single Server
publishDate 2016
topic 510 Mathematics
url http://repository.ub.ac.id/155181/
contents Setiap kendaraan bermotor setiap tahunnya diwajibkan untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) atau perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) pada kantor SAMSAT. Proses perpanjangan STNK bisa membutuhkan waktu cukup lama, sehingga SAMSAT berinovasi mengadakan SAMSAT Corner. Namun pada SAMSAT Corner masih tampak pelanggan yang ramai mengantri dan tidak mendapat tempat duduk saat mengantri. Analisis sistem antrian dan simulasi model antrian dapat digunakan untuk membantu melihat apakah sistem antrian yang diterapkan sudah baik atau belum. Analisis yang dilakukan meliputi pembentukan model antrian dan melihat karakteristik dari model tersebut. Banyaknya fasilitas pelayanan yang tersedia menjadi hal yang penting. Semakin banyak fasilitas pelayanan, maka peluang untuk terjadinya antrian akan semakin kecil. Namun permasalahannya adalah banyaknya fasilitas akan menambah biaya operasional dari instansi tersebut. Hal yang penting dan perlu diperhatikan Kantor SAMSAT Corner adalah posisinya sebagai salah satu instansi pemerintah. Sehingga citra yang baik di mata masyarakat sangatlah diperlukan. SAMSAT Corner MOG Malang memiliki model antrian Multi Phase-Single Server yang terdiri dari tahap pendaftaran dan tahap pembayaran. Pada tahap pembayaran terdapat dua loket pembayaran namun yang difungsikan hanya satu, oleh karena itu di perlukan simulasi antrian untuk mengetahui efektifitas penggunan satu loket. Dari hasil analisis simualsi model antrian Multi Phase-Single Server didapatkan, ada sekitar 17 pelanggan yang berada pada ruang SAMSAT Corner MOG Malang dengan rata-rata waktu 18,546 menit yang dihabiskan setiap pelanggan untuk perpanjangan STNK. Hasil ini dirasa kurang efektif bila melihat SAMSAT Corner adalah alternatif pelanggan agar tidak mengantri dengan waktu lama pada kantor SAMSAT
id IOS4666.155181
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:55:27Z
last_indexed 2021-10-28T07:41:21Z
recordtype dc
_version_ 1751454410766024704
score 17.538404