Perencanaan Strategi Pemasaran Produk Yoghurt Di Koperasi Agro Niaga Jabung (KAN Jabung) Malang
Daftar Isi:
- Persaingan bisnis pada era globalisasi saat ini menuntut para pengusaha untuk lebih kreatif dalam menarik konsumen, terutama untuk produk yoghurt. Salah satu Koperasi Agro Niaga di Malang adalah Koperasi Agro Niaga Jabung (KAN Jabung) dengan salah satu produk susu olahannya yaitu yoghurt dengan 6 aneka macam varian rasa yaitu leci, sirsak, melon, stroberi, anggur, dan jeruk. Persaingan dengan produk sejenis, kurangnya distributor, dan suhu penyimpanan produk yang membutuhkan suhu rendah 4oC membuat KAN Jabung harus melakukan perencanaan strategi pemasaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah menyusun pilihan alternatif strategi dan menentukan urutan prioritas alternatif strategi yang tepat untuk produk yoghurt bagi KAN Jabung Malang. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahapan. Tahap pertama adalah tahap masukan yang digunakan untuk menganalisis faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman). Tahap kedua adalah tahap penanding yang digunakan untuk menghasilkan pilihan alternatif strategi berdasarkan faktor-faktor yang sudah dianalisis pada tahap pertama menggunakan matriks IE dan SWOT. Tahap terakhir adalah tahap keputusan yang digunakan untuk menentukan prioritas pilihan alternatif strategi yang layak diterapkan KAN Jabung menggunakan QSPM. Matriks IE menunjukkan bahwa KAN Jabung saat ini berada pada posisi kuat dalam memanfaatkan dan mengatasi faktor internal maupun eksternal yang ada. Analisis SWOT pada penelitian ini menghasilkan delapan pilihan alternatif strategi berdasarkan posisi perusahaan saat ini. Berdasarkan alternatif strategi yang dihasilkan ada tiga alternatif strategi yang memiliki nilai prioritas tertinggi berdasarkan QSPM. Strategi pertama adalah meningkatkan hubungan baik dengan pemasok bahan viii baku untuk mendapatkan bahan baku yang berkualitas, kedua adalah menambah distributor produk untuk memperluas pangsa pasar, dan terahir adalah memperluas pasar dengan membuka resto/cafe di pusat kota.