Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Teh Rolas Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (Ipa) Dan Customer Satifaction Index (Csi) Studi Kasus Di Pt. Perkebunan Nusantara Xii
Main Author: | Restiana, Dola |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/151479/1/doc_A5_pdf.pdf http://repository.ub.ac.id/151479/2/cover_PRINT_FIX.pdf http://repository.ub.ac.id/151479/3/doc_jurnal_pdf.pdf http://repository.ub.ac.id/151479/4/lembar_persetujuan_dan_pengesahan.pdf http://repository.ub.ac.id/151479/ |
Daftar Isi:
- Persaingan yang kompetitif membuat konsumen akan lebih mudah untuk berpindah ke perusahaan pesaing. Perpindahan ke perusahaan pesaing sangat erat hubungannya dengan tingkat kepuasan konsumen terhadap produk yang ditawarkan perusahaan. PT. Perkebunan Nusantara XII Wonosari perlu untuk selalu meningkatkan kepuasan konsumen dengan didukung adanya strategi pemasaran yang tepat dan efektif sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan kemampuan daya beli konsumen. Seperti tujuan penelitian ini yaitu menentukan dimensi kualitas dan atribut produk Teh Rolas yang diprioritaskan untuk diperbaiki, serta menentukan tingkat kepuasan konsumen terhadap produk Teh Rolas. Pada penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui atribut produk yang harus diperbaiki dan dipertahankan. Dengan menggunakan metode linear time function didapat 125 responden yang berjenis kelamin perempuan sebanyak 41 orang dan laki-laki sebanyak 84 orang. Didapat hasil tingkat kesesuaian sebanyak 95,20 % yang artinya bahwa responden secara keseluruhan sudah sesuai terhadap atribut Teh Rolas. Atribut yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki adalah warna produk, kepopuleran merek dan kepentingan informasi merek. Kemudian dilanjutkan dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI) didapatkan nilai CSI kualitas Teh Rolas sebesar 75,6 %. Atribut yang dianggap penting oleh responden dan nilainya sudah sesuai dengan yang diharapkan adalah rasa, aroma, kondisi kemasan dan masa kadaluarsa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan konsumen merasa puas terhadap kinerja atribut-artibut dari produk Teh Rolas.