Daftar Isi:
  • Semakin banyak usaha serupa yang bermunculan, maka konsumen juga semakin selektif dalam memilih produk yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhannya yang akan dikonsumsi. Setiap konsumen memiliki penilaian yang berbeda mengenai karakteristik suatu produk yang sesuai dengan preferensi mereka. Variasi produk dari KUD Mitra Bhakti Makmur Batu antara lain yogurtdan keju. Tujuan dari penelitian ini adalah mengenai tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut produk olahan susu (yoghurt) berdasarkan preferensi konsumen dan untuk mengetahui atribut olahan susu (yoghurt) yang harus diperbaiki dan dipertahankan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kano. Metode kano adalah metode yang bertujuan untuk mengkategorikan atribut-atribut dari produk maupun jasa berdasarkan seberapa baik produk atau jasa tersebut mampu memuaskan kebutuhan pelanggan.Jumlah reponden yang digunakan adalah 109 responden. Dari hasi penelitian didapatkan bawah tingkat kepuasan konsumen dari 12 atribut untuk nilai IBT dari atribut rasa 0, kepraktisan 0, manfaat produk 0, variasi jenis susu 0, informasi kehalalan produk 0, 12, desain kemasan untuk variasi ukuran 0, hygienitas proses & produk 0,06, tingkat keawatan susu 0, bertangung jawab atas kualitas yang dipersepsikan 0,01, pencantuman informasi nilai kandungan gizi 0. Untuk nilai kepuasan tertinggi adalah atribut informasi kehalalan produk yang memiliki nilai IBT sebesar 0,12. Atribut produk yang dipertahankan adalah atribut infomasi kehalalan produk yang memiliki nilai IBT tertinngi 0,12. Atribut yang diperbarui mencakup semua atribut karena semua atribut belum mencapai nilai lebih dari 0,5 untuk nilai IBT dan -0,5 untuk nilai IWT.