Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Abon Jamur Ailani dengan Integrasi Metode Importance- Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI), (Studi Kasus di UKM Ailani, Malang, Jawa Timu
Main Author: | Bhaskara, OkkyK |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/150641/1/SKRIPSI_format_A4_OKKY_K._BHASKARA_115100301111038.pdf http://repository.ub.ac.id/150641/ |
Daftar Isi:
- Abon menjadi salah satu produk olahan makanan yang dapat memberikan peluang bisnis menguntungkan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia. UKM Ailani merupakan salah satu produsen yang bergerak di bidang pengolahan pangan khususnya abon jamur di Kota Malang. Keinginan produsen untuk melakukan perbaikan panjualan, perlu ditindak lanjuti dengan mengetahui posisi produk di pasar. Tanggapan konsumen mengenai produk Abon Jamur Ailani bisa diketahui dengan melakukan analisis tingkat kepuasan konsumen dengan integrasi metode Importance-Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil analisis dengan metode IPA menunjukkan bila yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki kinerjanya, yaitu atribut tekstur, atribut masa kadaluarsa dan atribut kemudahan dalam memperoleh produk. Kemudian untuk atribut-atribut yang tetap dipertahankan, yakni atribut rasa, atribut harga, atribut produk, atribut tidak adanya kerusakan kemasan, atribut adanya kandungan bahan tambahan perasa, atribut kepraktisan kemasan, atribut warna dan bahan kemasan dan atribut brand image. Nilai CSI dari Abon Jamur Ailani didapatkan sebesar 76%. Nilai CSI sebesar 76% menunjukkan bahwa nilai CSI Abon Jamur Ailani terletak pada rentang 0.66-0.80 degan kreteria