Analisis Persepsi Faktor-Faktor Visual Merchandise Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Rumah Makan (Studi Kasus Di Bara-Bara Malang)
Main Author: | Setyaningrum, EkaNuraini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/150545/ |
Daftar Isi:
- Pada masa ini, rumah makan sudah menjamur di kota dengan penduduk yang memiliki tingkat konsumtif yang tinggi, seperti kota Malang. Tingkat persaingan yang tinggi mengharuskan para pemilik usaha rumah makan di kota Malang ini menginspirasi tempat usahanya dengan hal yang berbeda dari rumah makan lainnya. Bara-Bara merupakan salah satu rumah makan di kota Malang yang berdiri pada Juni 2014 dan memiliki visualisasi ruang yang modern dengan desain interior yang bergaya vintage dengan sentuhan western. Menawarkan menu utama yaitu nusantara dan traditional grill. Pemilik usaha mengaku agak kesulitan dalam memperoleh pelanggan untuk usaha kuliner keduanya ini. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menyederhanakan variabel-variabel visual merchandise menjadi beberapa faktor dengan metode analisis faktor dan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Berdasarkan hasil akhir perhitungan analisis faktor dengan SPSS 17.0 dari 8 variabel hanya 7 variabel visual merchandise yang dapat mengelompok pada faktor yang terbentuk. Ketujuh faktor tersebut diantaranya X7 (tampilan produk), X8 (kebersihan), X2 (tampilan eksterior), X5 (keragaman produk), X6 (desain), X3 (alat peraga), dan X4 (pencahayaan), sedangkan satu variabel yang tidak memenuhi syarat sehingga perlu dieliminasi adalah X1 (konsep toko). Ketujuh variabel tersebut tereduksi menjadi 2 faktor, yakni faktor 1 sebagai faktor karakteristik produk dan bukti fisik dan faktor 2 sebagai faktor general interior.