Analisis Pengaruh Inovasi Produk dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Menggunakan Metode Structural Equation Modeling (SEM) (Studi Kasus Stik Sayuran CV. Cita Mandiri

Main Author: Fitriyah, Ana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/150237/1/A5_Cover.pdf
http://repository.ub.ac.id/150237/2/Lembar_Pengesahan.pdf
http://repository.ub.ac.id/150237/3/A5_Bab_I-V%2C_Dapus_%26_Lampiran_Akhir_Ana_Fitriyah.pdf
http://repository.ub.ac.id/150237/4/Lembar_Persetujuan.pdf
http://repository.ub.ac.id/150237/
Daftar Isi:
  • Stik berbentuk batang panjang merupakan variasi camilan goreng dengan rasa gurih, aroma kuat, tekstur renyah, dan berwarna sesuai dengan warna sayuranya. Persaingan antara perusahaan stik sayuran yang ketat, membuat CV. Cita Mandiri perlu melakukan perancangan strategi pemasaran yang mampu menciptakan, mempertahankan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan, yang akhirnya dapat tercipta loyalitas konsumen terhadap produk. Faktor penentu kesuksesan dalam menciptakan kesetiaan pelanggan adalah inovasi kualitas produk. Salah satu ide kreatif agar konsumen tertarik dengan stik rasa baru yang lebih bergizi adalah menambahkan aneka sayur ke dalam adonan stik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh inovasi produk dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan stik sayuran “Cita Mandiri”. Penelitian dilakukan di beberapa kios, yang terrdiri dari Bu Noer, Sanan Jaya, Lancar Jaya, dan Geodang Oleh-oleh pada bulan Juni-September 2014 di Malang. Penelitian menganalisis hubungan inovasi produk dan kepuasan pelanggan di Malang terhadap loyalitas pelanggan stik sayuran. Hubungan kausal yang ada dianalisis secara empiris menggunakan metode SEM (Structural Equation Modeling). Data diambil dengan metode survey terhadap 112 responden. Responden diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan serta kepuasan pelanggan dan inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Variabel inovasi produk berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,425 dan tidak berpengaruh langsung sebesar 0,158. Variabel kepuasan pelanggan berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,353. Variabel kepuasan pelanggan mampu menjadi variabel mediator antara inovasi produk dengan loyalitas pelanggan dengan pengaruh sebesar 0,158. Saran yang dapat dilakukan adalah penambahan variabel indikator inovasi produk seperti inovasi merek sehingga peneliti akan mengetahui penyebab keloyalan konsumen secara beragam.