Daftar Isi:
  • Usaha restoran dewasa ini menunjukkan perkembangan yang relatif pesat. Kota Malang memiliki keanekaragaman wisata alam dan budaya. Potensi Malang ini menyebabkan banyak berdiri berbagai macam restoran yang menawarkan berbagai jenis makanan. Berdasarkan data dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang terdapat beberapa restoran di Kota Malang yang salah satunya yaitu Gule Kepala Ikan Mas Agus, usaha makanan yang menyajikan menu utama gulai kepala ikan. Dalam perencanaan strategi dan penentuan jenis strategi dapat digunakan kombinasi metode alat analisis yaitu matriks Strategic Position and Action Evaluation (SPACE) dan matriks Strenght, Weakness, Opportunity, and Threat (SWOT) serta metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Gule Kepala Ikan Mas Agus Malang berada pada sel V yang menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan adalah strategi penetrasi pasar, dan pengembangan produk. Pada hasil Matriks SPACE didapatkan hasil kuadran Agressive yang menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan adalah strategi integral dan pengembangan internal. Delapan alternatif strategi dari Matriks SWOT yang dapat diterapkan Gule Kepala Ikan Mas Agus adalah meningkatkan mutu dan kehalalan pangan, renovasi restoran dan penambahan fasilitas, membuka outlet baru di kota Malang dengan lokasi berbeda, menerapkan SOP dan standar kerja restoran, meningkatkan promosi melalui iklan, media dan website, memberikan potongan harga dan bonus, menjadi sponsor untuk event tertentu dan menyediakan layanan pesan antar dalam kota. Prioritas strategi yang didapatkan dari metode AHP yang bisa diterapkan oleh Gule Kepala Ikan Mas Agus adalah strategi menerapkan SOP dan standar kinerja restoran