Perencanaan Strategi Pemasaran Bagasse Pellet dengan Integrasi Metode ANP (Analytical Network Process) dan TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) (Studi Kasus di Pabri

Main Author: Risqiyah, InaAmanatur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/150054/1/Pengantar_A5.pdf
http://repository.ub.ac.id/150054/2/COVER.pdf
http://repository.ub.ac.id/150054/3/BAB_1-5.pdf
http://repository.ub.ac.id/150054/
Daftar Isi:
  • Bagasse pellet merupakan alternatif bahan bakar yang terbuat dari ampas tebu. Perusahaan yang memproduksi bagasse pellet adalah PG Kremboong Sidoarjo. Bagasse pellet merupakan produk baru dan belum dikenal masyarakat. Volume penjualan selama ini belum menunjukkan hasil yang optimal. Kegiatan pemasaran yang dilakukan PG Kremboong masih sederhana yaitu promosi melalui telepon, faximile, mulut ke mulut dan memasang iklan melalui majalah PTPN. Untuk itu, perusahaan perlu melakukan strategi yang tepat untuk meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini bertujuan menentukan alternatif strategi pemasaran dengan matriks SWOT, menentukan bobot sub kriteria sumber daya pemasaran dengan ANP dan menentukan prioritas strategi pemasaran terbaik dengan TOPSIS. Kriteria yang digunakan adalah kemampuan manajemen pemasaran, kemampuan berhubungan dengan pelanggan dan kemampuan bersaing. Kriteria kemampuan manajemen pemasaran terdiri dari sub kriteria anggaran kegiatan pemasaran dan keefektifan karyawan manajemen pemasaran. Kriteria berhubungan dengan pelanggan terdiri dari sub kriteria kenyamanan pelayanan, kelengkapan informasi dan kedisiplinan karyawan. Kriteria kemampuan bersaing terdiri dari sub kriteria kemudahan mendapatkan produk dan harga bersaing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats), ANP (Analytical Network Process) dan TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution). Matriks SWOT digunakan untuk menentukan alternatif strategi pemasaran. Metode ANP digunakan untuk menentukan viii bobot sub kriteria. Metode TOPSIS digunakan untuk menentukan prioritas strategi pemasaran pada PG Kremboong. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan 8 alternatif strategi pemasaran. Strategi yang mendapat prioritas pertama adalah memberikan potongan harga atau bonus pada pembelian tertentu atau pada pelanggan tertentu. Disarankan kepada perusahaan agar senantiasa mengontrol kegiatan pemasaran yang dilakukan agar berjalan sesuai yang diinginkan dan mendapatkan hasil yang maskimal.