Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Sari Apel Brosem (Studi Kasus pada KSU. Brosem, Kota Batu)
Daftar Isi:
- Sari apel merupakan minuman segar yang dibuat dari bahan baku utama buah apel. Industri minuman sari apel sangat berkembang pesat khususnya di Kota Batu. KSU Brosem merupakan sebuah usaha kecil mandiri yang memproduksi minuman sari apel dalam kemasan secara home industri yang terletak di Kota Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan atribut-atribut pada produk sari apel KSU Brosem yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan kualitasnya berdasarkan persepsi konsumen dan untuk mendapatkan tingkat kepuasan konsumen terhadap produk sari apel pada KSU Brosem. Penelitian dilakukan pada bulan November 2013 sampai selesai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index. Responden yang mengisi kuisioner adalah semua konsumen yang membeli dan mengkonsumsi sari apel Brosem berusia di atas 17 tahun. Hasil penelitian menggunakan metode Importance Performance Analysis didapatkan hasil yaitu atribut-atribut yang berada pada kuadran 2 perlu dipertahankan kualitasnya karena konsumen sudah puas dengan kinerjanya adalah rasa, harga, tidak ada efek samping, jaminan halal dan ijin depkes, dan ada tanggal kadaluarsa. Atribut pada kuadran 1 perlu ditingkatkan kualitasnya dan merupakan prioritas utama dalam perbaikan yaitu ketersediaan/mudah di dapat. Sedangkan atribut aroma, menghilangkan dahaga dan kemasan masuk dalam kuadran 3 merupakan atribut yang perlu ditingkatkan kualitasnya namun bukan prioritas utama dalam perbaikan. Hasil perhitungan menggunakan metode Customer Satisfaction Index didapatkan nilai kepuasan konsumen secara total sebesar 69.57%. Nilai 69.57% masuk dalam skala 66 – 80 yang berarti puas.