Analisis Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan, Tingkat Pendidikan serta Pembelajaran Organisasi Terhadap Kompetensi Karyawan dengan Metode Structural Equation Modelling (SEM) (Studi Kasus di PT. Petrok

Main Author: Pratiwi, CitraAyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/149772/1/Skripsi_Citra_Ayu_Pratiwi.pdf
http://repository.ub.ac.id/149772/
Daftar Isi:
  • Perkembangan dan pertumbuhan suatu perusahaan mempersyaratkan ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas dan terlatih demi tercapainya kinerja yang diharapkan. Kesuksesan perusahaan dapat dilihat dari kompetensi yang dimiliki oleh karyawannya, oleh sebab itu perusahaan menuntut agar para karyawannya mampu memiliki kompetensi yang optimal karena kompetensi karyawan akan berpengaruh pada keberhasilan perusahaan secara keseluruhan. Sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dapat diperoleh melalui pelatihan dan pengembangan karyawan, tingkat pendidikan, serta pembelajaran organisasi. Penelitian ini untuk menguji beberapa faktor yang secara teoritis memiliki pengaruh terhadap kompetensi karyawan, yaitu pelatihan dan pengembangan, tingkat pendidikan dan pembelajaran organisasi. Penelitian ini dilakukan di PT. Petrokimia Gresik bagian produksi meliputi departemen produksi 1, 2 dan 3. Sebanyak 144 karyawan terpilih sebagai responden dengan menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuesioner. Teknis analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Structural Equation Modeling (SEM) merupakan analisis multivariat yang digunakan untuk menganalisis hubungan antar variabel secara kompleks. Analisis data dengan mengunakan SEM berfungsi untuk menjelaskan secara menyeluruh hubungan antar variabel pelatihan dan pengembangan karyawan, tingkat pendidikan serta pembelajaran organisasi terhadap kompetensi karyawan yang ada dalam penelitian. Hasil analisis data penelitian menunjukkan model dan hasil penelitian dapat diterima dengan baik dan membuktikan bahwa variabel pelatihan dan pengembangan berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap pembelajaran organisasi. Variabel tingkat pendidikan berpengaruh langsung positif dan tidak signifikan terhadap pembelajaran organisasi. Variabel pelatihan dan pengembangan berpengaruh langsung negatif dan tidak signifikan terhadap kompetensi karyawan. Variabel tingkat pendidikan dan pembelajaran organisasi berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kompetensi karyawan. Implikasi dari penelitian ini adalah pelatihan dan pengembangan, tingkat pendidikan dan pembelajaran organisasi mempunyai peran yang penting dalam meningkatkan kompetensi karyawan.