Daftar Isi:
  • Industri kuliner yang berbahan dasar ayam salah satunya yaitu Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo. Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo di tuntut untuk bersaing dalam industri kuliner terutama cara dalam mendatangkan dan mempertahankan pelanggan agar dapat bertahan dan berkembang sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Peran strategi pemasaran sangat penting untuk mencapai arah yang dituju, sehingga Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo dituntut untuk mengetahui startegi pemasaran yang terdiri dari STP (Segmenting, Targeting dan Positioning) yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Tujuan pada penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh strategi STP terhadap keputusan pembelian konsumen serta strategi pengembangan usaha di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu regresi berganda. Responden yang menjadi objek penelitian merupakan konsumen yang mengkonsumsi produk Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Malang minimal 1 kali dalam 2 minggu terakhir dan berumur 17 hingga 55 tahun. Jumlah responden yang digunakan sebanyak 100 orang. Variabel yang diteliti terdiri dari ?1 yaitu segmenting, ?2 yaitu targeting, ?3 yaitu positioning dan Keputusan Pembelian Konsumen yaitu Y. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan rumus matematis model regresi yaitu Y = 1,146 + 0,019 ?1+ 0,207 ?2 + 0,548 ?3. Dari hasil rumus matematis didapatkan bahwa ?3 memiliki pengaruh terbesar dalam keputusan pembelian konsumen yaitu 0,548. Model regresi lolos uji asumsi klasik. Uji goodness of fit yaitu detrminasi ?2 sebesar 57%, uji f menunjukkan bahwa strategi STP secara serentak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, uji t menunjukkan bahwa sementing secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, targeting dan positioning secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.