Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus: Restoran Jepang Saboten Shokudo Malang)

Main Author: Probosuci, Kustania
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/149718/1/Skripsi_-_Kustania_Probosuci_%28105100701111033%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/149718/
Daftar Isi:
  • Dibutuhkan pelanggan yang loyal untuk bertahan di tengah persaingan yang semakin kompetitif salah satunya dengan menerapkan strategi bauran pemasaran. Restoran Jepang Saboten Shokudo telah berupaya menciptakan loyalitas dengan menerapkan bauran pemasaran akan tetapi belum diketahui apakah variabel bauran pemasaran tersebut sudah mewakili kebutuhan dan keinginan pelanggan sehingga diperlukan penelitian yang mendalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda yang merupakan suatu analisis untuk menjelaskan akibat dan besarnya akibat yang ditimbulkan oleh satu atau lebih variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah loyalitas pelanggan dan varibel terikat adalah bauran pemasaran. Responden penelitian ini adalah konsumen yang sudah pernah mengunjungi Restoran Saboten dua kali atau lebih. Teknik pengambilan sampel dilakukan purposive sampling dengan jumlah sampel sebesar 100 sampel. Model regresi memenuhi keempat asumsi klasik. Berdasarkan uji regresi linier diperoleh nilai konstanta sebesar 0,448 dan seluruh koefisien regresi bertanda positif. Hasil uji F menunjukkan seluruh variabel independen berpengaruh signifikan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji t didapatkan variabel yang berpengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan adalah promosi dan bukti fisik. Koefisien determinasi menunjukkan R2 sebesar 0,566. Urutan variabel bauran pemasaran yang paling berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan yaitu variabel bukti fisik, promosi, orang, harga, produk, proses, tempat. Penelitian lebih lanjut disarankan menambah variabel independen lain selain variabel bauran pemasaran serta pihak manajemen Restoran Jepang Saboten Shokudo diharapkan meningkatkan performa variabel Produk.