Analisis Atribut Produk Yang Mempengaruhi Kategori Kepuasan Konsumen Dengan Metode Kano Dan Root Cause Analysis (Studi Kasus Di Citra Kendedes Cake & Bakery, Malang)
Main Author: | Aprilina, Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/149680/1/Bab_1%2C2%2C3%2C4%2C5%2C_Daftar_pustaka%2C_Lampiran.pdf http://repository.ub.ac.id/149680/1/aCover-Daftar_Isi.pdf http://repository.ub.ac.id/149680/ |
Daftar Isi:
- Citra Kendedes Cake & Bakery merupakan perusahaan industri menengah yang memproduksi beberapa jenis produk makanan, terutama roti. Banyaknya industri roti yang ada di kota Malang tentu akan turut meramaikan persaingan harga, produk maupun persaingan merebut konsumen sehingga perusahaan dituntut untuk mempertahankan konsumen dengan memberikan kepuasan. Kepuasan konsumen akan tercapai apabila perusahaan mampu mengatasi permasalahan yang menyebabkan kurangnya tingkat kepuasan konsumen terhadap produk yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kategori kepuasan konsumen terhadap atribut-atribut produk Citra Kendedes Cake & Bakery dan menentukan atribut-atribut apa saja yang perlu diperbaiki Citra Kendedes Cake & Bakery. Metode yang digunakan yaitu metode Kano, untuk mengelompokkan customer requirement produk ke dalam lima kategori yaitu must-be, one-dimensional, attractive, indifferent dan reverse. Metode lanjutan yang digunakan yaitu metode Root Cause Analysis (RCA) yang akan menganalisa atribut-atribut penyebab berkurangnya tingkat kepuasan konsumen melalui hasil dari pembobotan atribut-atribut pada metode Kano. Penelitian ini dilakukan di Citra Kendedes Cake & Bakery outlet Dinoyo dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 108 responden dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Hasil analisa menggunakan metode Kano menunjukkan bahwa atribut yang termasuk dalam kategori attractive adalah bahan kemasan yang ramah lingkungan, kepraktisan kemasan (mudah dibawa untuk oleh-oleh) dan pencantuman komposisi pada kemasan. Atribut yang termasuk kategori one-dimensional yaitu atribut penambahan variasi rasa/isi dalam roti (keju, cokelat, blueberry, strawberry, sosis, vanilla), jenis bentuk roti yang terdiri dari oval, bulat, persegi, maupun persegi panjang, ukuran roti yang bermacam-macam dari ukuran kecil, sedang hingga besar, warna dan bentuk kemasan yang menarik serta pencantuman tanggal kadaluarsa pada kemasan. Atribut yang termasuk kategori indifferent yaitu adanya peningkatan harga sesuai dengan peningkatan kualitas produk. Atribut yang paling mempengaruhi ketidakpuasan konsumen dan perlu diperbaiki yaitu pada atribut pencantuman tanggal kadaluarsa pada kemasan dengan nilai IBT -0,849. Hasil analisa Root Cause Analysis (RCA) menunjukkan penyebab kurangnya kepuasan pada pencantuman tanggal kadaluarsa disebabkan tidak adanya pencantuman tanggal kadaluarsa pada kemasan dengan alasan untuk menghemat biaya, kemasan tranparan, dan masa kadaluarsa produk yang sangat pendek.