Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Sari Buah Pepino Dengan Pendekatan Metode Conjoint (Studi Kasus Pada UKM Sekar Tanjung, Malang

Main Author: Roeshanta, DykeAlIsnain
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/149403/1/Cover_Skripsi_Dyke_A5.pdf
http://repository.ub.ac.id/149403/2/DAFTAR_ISI_Skripsi_Dyke_A5.pdf
http://repository.ub.ac.id/149403/3/Bab_I-V_Skirpsi_Dyke_A5.pdf
http://repository.ub.ac.id/149403/
Daftar Isi:
  • Sari Buah Adalah Cairan Yang Dihasilkan Dari Penghancuran Buah Segar Yang Matang Yang Langsung Dapat Diminum. Sari Buah Pepino Merupakan Hasil Dari Pengembangan Produk Yang Diproduksi Dan Dipasarkan Oleh UKM Sekar Tanjung. Minuman Sari Buah Pepino Ini Tergolong Produk Yang Belum Begitu Dikenal Oleh Konsumen, Oleh Karena Itu Untuk Menarik Minat Beli Konsumen Terhadap Minuman Sari Buah Pepino Maka Perlu Diketahui Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Minuman Sari Buah Pepino. Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Kombinasi Karakteristik (Atribut) Produk Minuman Sari Buah Pepino Produksi UKM Sekar Tanjung Malang Yang Paling Disukai Oleh Konsumen Dengan Metode Conjoint . Yang Kedua Untuk Mengetahui Atribut-Atribut Minuman Sari Buah Pepino Produksi UKM Sekar Tanjung Malang Yang Diprioritaskan Untuk Dipertahankan Atau Diperbaiki Sesuai Dengan Nilai Kegunaan Dari Setiap Atribut. Metode Conjoint Merupakan Suatu Teknik Dimana Nilai Yang Diberikan Responden Pada Setiap Atribut Disimpulkan Dari Preferensi Terhadap Berbagai Kombinasi Atribut. Kombinasi Ini Ditetapkan Oleh Periset Dan Responden Diminta Menyatakan Preferensi Mereka Terhadap Berbagai Kombinasi Tersebut. Kemudian Responden Diminta Untuk Mengurutkan Alternatif-Alternatif Atribut Dari Yang Paling Diinginkan Ke Yang Paling Tidak Diinginkan. Periset Kemudian Menyimpulkan Nilai Setiap Atribut Berdasarkan Urutan Yang Dibuat Responden. Prosedur Penelitian Ini Adalah Survei Pendahuluan, Identifikasi Masalah, Studi Literatur, Penentuan Metode Pengumpulan Data, Identifikasi Variabel, Pembentukan Stimuli, Penentuan Sampel, Penyusunan Kuesioner, Analisis Data Dengan Metode Conjoint , Dan Kesimpulan. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Korelasi Sehingga Menggunakan 50 Sampel Responden. Dalam Pengisian Kuesioner, Setiap Responden Harus Menilai 11 Profil Sari Buah Pepino Yang Telah Disusun. Hasil Penelitian Menunjukkan Tingkat Preferensi Konsumen Sari Buah Pepino Pada UKM Sekar Tanjung Yang Tertinggi Adalah Pada Kombinasi Atribut Tingkat Kemanisan Tinggi, Harga Rp. 1600, Kejernihan Gelap, Dan Kemasan Berukuran 120 Ml. Preferensi Konsumen Sari Buah Pepino Pada UKM Sekar Tanjung Yang Terendah Adalah Pada Kombinasi Atribut Tingkat Kemanisan Rendah, Harga Rp. 600, Kejernihan Terang, Kemasan Berukuran 350 Ml. Tingkat Atribut Menunjukkan Bahwa Kemasan Memiliki Tingkat Kepentingan Yang Tertinggi Sebesar 57,447% Diikuti Harga Dengan Nilai 38,298%, Kemudian Pada Urutan Ke Tiga Dan Ke Empat Diikuti Oleh Tingat Kejernihan Dan Tingkat Kemanisan Dengan Nilai Sama Yaitu 2,128%.