Preferensi Konsumen Terhadap Produk Selai Buah Nipah Menggunakan Analisis Konjoin. Skripsi
Main Author: | Hardiyanto, Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/149375/1/skripsi.pdf http://repository.ub.ac.id/149375/ |
Daftar Isi:
- Selai Buah Nipah Merupakan Salah Satu Inovasi Baru Produk Selai Yang Merupakan Diversifikasi Pangan Tanaman Nipah Menjadi Produk Yang Nilai Ekonominya Tinggi. Berkaitan Dengan Hal Tersebut Maka Sebelum Produk Dipasarkan Perlu Adanya Penelitian Yang Berhubungan Dengan Preferensi Konsumen. Penelitian Ini Bertujuan Mengetahui Kombinasi Karakteristik Produk Selai Buah Nipah Yang Disukai Konsumen, Serta Mengetahui Atribut Selai Buah Nipah Yang Diprioritaskan Untuk Dipertahankan Sesuai Dengan Nilai Kegunaan Yang Muncul Setiap Atribut. Pengolahan Data Hasil Kuesioner Menggunakan SPSS 17.0 For Windows Didapatkan Dengan Level Tingkat Kemanisan Yang Rendah Menjadi Pilihan Yang Paling Disukai Oleh Responden Dengan Nilai Kegunaan Atau Utility Sebesar 0,49, Sedangkan Untuk Atribut Aroma, Responden Lebih Menyukai Adanya Penambahan Penguat Aroma Kelapa Pada Produk Selai Buah Nipah Dengan Nilai Kegunaan Sebesar 0,258. Atribut Warna Diperoleh Nilai Kegunaan Sebesar 0,018. Hasil Yang Diperoleh Untuk Atribut Tekstur Yaitu Tingkat Kekentalan Tinggi Menjadi Level Yang Sangat Disukai Oleh Responden Dengan Nilai Kegunaan Sebesar 0,109. Untuk Nilai Tingkat Kepentingan Tertinggi Terdapat Pada Atribut Rasa Yaitu 29,991%, Sedangkan Tingkat Kepentingan Kedua Adalah Atribut Tekstur Dengan Nilai 28,688%, Untuk Tingkat Kepentingan Ketiga Dan Keempat Adalah Atribut Aroma Dan Warna Dengan Nilai 25,273% Dan 16,048%.