Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Dengan Metode Structural Equation Modelling (Sem) (Studi Kasus Di Ukm Teguh Raharjo Ponorogo)
Daftar Isi:
- Dodol merupakan produk olahan setengah basah, manis, padat, dan kenyal. Bahan baku yang mudah didapat dan permintaan pasar yang relatif meningkat membuat usaha pengolahan dodol kian berkembang. Usaha pengolahan dodol salah satunya berada di kota Ponorogo. Terdapat 16 UKM dodol yang sedang berkembang dengan permintaan setiap tahunnya sekitar 518.400 (Diskoperindag, 2012). Dari 16 UKM tersebut salah satunya adalah UKM Teguh Raharjo. Produk yang dihasilkan oleh UKM Teguh Raharjo adalah produk dodol original dan dodol dengan variasi rasa buah. Terkadang permintaan dodol mengalami kenaikan ataupun penurunan, sehingga mengharuskan UKM untuk merencanakan strategi pemasaran yang tepat. Sampai sekarang UKM Teguh Raharjo masih sebatas mengandalkan pemasaran dari informasi mulut ke mulut pelanggan yang kemungkinan bisa menghasilkan informasi yang berbeda. Untuk itu diperlukan suatu strategi pemasaran yang tepat, salah satunya dengan melakukan strategi marketing mix. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh marketing mix terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian dilakukan di UKM Teguh Raharjo Ponorogo dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang memenuhi kriteria untuk mengisi. Jumlah responden adalah 175 orang. Namun, hasil kuesioner yang digunakan adalah sejumlah 145 untuk memenuhi asumsi pada SEM. Data dari kuesioner kemudian dianalisis menggunakan metode SEM dengan ii bantuan software Lisrel. SEM dapat digunakan untuk menganalisis hubungan antar variabel yang bersifat multi relationship. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa variabel product, price, promotion, people dan process memiliki hubungan dan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai pengaruh tertinggi yaitu pada variabel process (4,76). Selain itu, variabel product dan people juga memiliki hubungan dan pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan pengaruh tertingginya pada variabel product (2,92). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tidak langsung terhadap loyaitas pelanggan yaitu variabel price, promotion, dan process. Hasil ini didapatkan karena kepuasan pelanggan sendiri berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (2,21). Hasil pengaruh tertinggi yang ditunjukkan oleh variabel process dan product harus dipertahankan dan dilakukan peningkatan karena kedua variabel inilah yang akan membentuk dan meningkatkan kepuasan dan loyalitas dari UKM Teguh Raharjo Ponorogo.