Analisis Pengaruh Brand Image dan Marketing Mix terhadap Loyalitas Pelanggan Sari Roti dengan Metode Structural Equation Modelling (Studi Kasus di PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. Pasuruan Plant)

Main Author: Gresnantya, Sheila
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/149294/1/LAPORAN_SKRIPSI_SHEILA_LENGKAP.pdf
http://repository.ub.ac.id/149294/
Daftar Isi:
  • Perkembangan bisnis bakery di Indonesia terus mengalami pertumbuhan, baik usaha kecil, menengah (boutique bakery) maupun besar (mass production). PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. adalah salah satu yang memainkan perannya dalam industri bakery mass production dengan merek produk Sari Roti. Pada kondisi persaingan industri bakery yang semakin ketat, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk perlu strategi untuk mempertahankan dan meningkatkan jumlah pelanggan agar mampu menjaga kelangsungan hidup perusahaan serta daya saing produk. Brand image yang positif dan kuat, konsep bauran pemasaran yang disusun secara hati-hati dan diterapkan dengan cermat serta relationship quality dengan pelanggan diyakini dapat berkontribusi dalam memperoleh keuntungan bersaing dalam mewujudkan loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dan pengaruh brand image dan marketing mix terhadap loyalitas pelanggan Sari Roti. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 120 orang pelanggan Sari Roti di daerah Malang. Data dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) melalui program LISREL 8.80 dengan maximum likelihood estimation. Hasil penelitian menunjukkan brand image dan marketing mix mempunyai hubungan positif dan pengaruh signifikan terhadap relationship quality dengan nilai koefisien jalur masing-masing 0.56 dan 0.40. Relationship quality juga mempunyai hubungan positif dan pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai koefisien jalur 0.82. Namun, brand image dan marketing mix tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai koefisien yaitu 0.09 dan -0.14. Maka, variabel brand image dan marketing mix secara tidak langsung berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui relationship quality.