Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Metode Struktural Equation Modeling(Studikasus Ud.Rimbaku-Batu)
Daftar Isi:
- Keripik merupakan makanan ringan (snack) yang berupa irisan tipis kentang dan mengalami proses pengeringan yang digoreng secara deep fried. Bahan baku yang melimpah, pengolahannya yang sederhana dan pangsa pasar yang cukup besar merupakan alasan untuk mengembangkan menjadi skala industri. Dalam kondisi yang penuh dengan persaingan para produsen tidak punya pilihan, kecuali harus terus bersaing dengan menonjolkan keunikan dan kelebihan produk yang dihasilkan. Salah satu langkah strategis agar perusahaan mampu bersaing untuk mempertahankan posisi di pasar adalah dengan melakukan diferensiasi produk.Diferensiasi produk yang dilakukan dimaksudkan untuk meciptakan suatu keunikan dan ciri khas dari produk yang nantinya dapat menarik minat konsumen dan merasa puas atas produk yang telah dikonsumsi Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis hubungan dan pengaruh variabel produk yang meliputi keistimewaan, kinerja produk, kesesuaian kualitas produk dan mengidentifikasi variabel diferensiasi yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM yang mempunyai fungsi mirip dengan regresi berganda, namun lebih kuat. Dengan teknik ini akan diketahui hubungan diferensiasi produk dengan kepuasan konsumen, serta variabel yang memiliki pengaruh dalam menciptakan kepuasan konsumen keripik kentang UD Rimbaku Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah adanya hubungan positif dan pengaruh antara variabel keistimewaan, kinerja dan kesesuaian kualitas produk terhadap kepuasan konsumen dengan koefisien masing-masing yaitu 0,304; 0,496; 0,636. Kesesuaian kualitas produk (X3) memiliki berpengaruh sangat signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai koefisien 0,636 yang artinya kepuasan konsumen dipengaruhi oleh kesesuaian kualitas produk sebasar 63,6%. Variabel X3 dipengaruhi beberapa indikator kandungan gizi produk, produk bebas dari bahan pengawet dan produk bebas dari bahan pewarna dan indikator yang paling memiliki pengaruh terhadap kesesuaian kualitas produk adalah produk bebas dari bahan pewarna dengan koefisien sebesar 0,814