Analisis Kepuasan Pelanggan Produk Nucleotide Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) (Studi Kasus di PT. Cheil Jedang Indonesia (CJI) Jombang)

Main Author: Djayanti, ChristinaDwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/148868/1/ISI_LAPORAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/148868/
Daftar Isi:
  • Produk Nucleotide yang diproduksi oleh PT. CJI Jombang terdapat 3 (tiga) macam, Nucleotide merupakan sejenis penyedap rasa yang dihasilkan dari metabolisme bakteri. Selama ini perusahaan melakukan pengukuran kepuasan pelanggan terhadap pelanggan lokal dan CJ Group saja, dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument. Oleh sebab itu diperlukan suatu metode yang sesuai untuk dapat mendukung perhitungan pengukuran kepuasan pelanggan yaitu Quality Function Deployment (QFD). Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk melakukan analisis tingkat kepuasan pelanggan serta untuk mengetahui solusi yang ditawarkan perusahaan yaitu ciri-ciri teknikal, teknologi yang diterapkan dan proses pemanufakturan berdasarkan urutan prioritas. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan kepuasan pelanggan terhadap produk I&G yang dihasilkan PT. CJI Jombang menurut masing-masing pelanggan, baik lokal maupun internasional rata-rata memiliki nilai 4.08 (memuaskan). Sedangkan dilihat dari segi tiap-tiap atribut, nilai tertinggi adalah atribut jaminan halal dengan nilai 4.60 (sangat memuaskan) dan atribut yang memiliki nilai terendah adalah atribut kecepatan dalam menangani keluhan pelanggan dengan nilai 3.73 (memuaskan). Ketiga solusi yang ditawarkan berdasarkan urutan prioritas adalah urutan prioritas tertinggi untuk ciri-ciri teknikal adalah keadaan mesin dengan nilai 17.036, teknologi yang diterapan urutan prioritas tertinggi terdapat pada penerapan sistem manajemen keamanan pangan ISO 22000 dengan nilai 24.118, dan untuk proses manufaktur urutan prioritas tertinggi yaitu penyusunan HACCP dengan nilai 18.149.