Analisa kebutuhan konsumen dalam pengembangan produk sosis “Ngetop” melalui Quality Function Deployment (QFD) Studi Kasus Pada PT.Wonokoyo Jaya Corporindo Unit Further and Sausage Processing Pla

Main Author: Lidyawati, Yuniar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/148681/1/051104191.pdf
http://repository.ub.ac.id/148681/
Daftar Isi:
  • Sejak didirikan pada tahun 2007, jumlah produksi produk makanan beku yang dihasilkan oleh PT Wonokoyo Jaya Corporindo terus mengalami peningkatan, namun terdapat salah satu produk yang selalu mengalami fluktuasi jumlah produksi yaitu sosis "coklat" dengan nama dagang NGETOP. Pengembangan produk diperlukan perusahaan sebagai bentuk usaha memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang akhirnya akan meningkatkan volume penjualan, memperluas pangsa pasar dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menerjemahkan kebutuhan konsumen terhadap desain produk yaitu Quality Function Deployment (QFD). Penelitian ini dilakukan di PT Wonokoyo Jaya Corporindo Unit Further and Sausage Processing Plant Pasuruan. Waktu pengambilan data dilakukan pada bulan April – Juni 2011 dengan jumlah responden sebanyak 70 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah Important Performance Analysis (IPA) yang digunakan untuk menentukan karakteristik sosis yang menjadi prioritas utama untuk dikembangkan dan QFD untuk menganalisa strategi pengembangan produk terbaik sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Hasil analisa pada diagram IPA, ada 4 atribut sosis yang menjadi kebutuhan utama konsumen dalam pengembangan sosis coklat "Ngetop", yaitu aroma (sosis coklat dengan aroma smoke yang kuat), panjang (sosis berukuran lebih panjang), tekstur (sosis bertekstur halus dan kenyal,) dan distribusi (sosis mudah dijumpai dan dapat dijangkau konsumen). Strategi pengembangan produk sosis coklat NGETOP yang terbaik agar mampu bersaing dengan sosis coklat OKEY sesuai dengan urutan prioritas rumah kualitas (HOQ) adalah menambah smoke powder (3,993), memperbaiki komposisi starch (2,310), menambah agen dan memperluas daerah pemasaran (2,277), serta setting ulang mesin stuffer (2,143).