Analisis Pengaruh Inovasi Produk Pangan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Metode Structural Equation Modeling Studi Kasus Produk Bakpao Telo SPAT
Main Author: | AtikaApriliaPramesti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/148449/1/051003297.pdf http://repository.ub.ac.id/148449/ |
Daftar Isi:
- Sentra Pengembangan Agrobisnis Terpadu (SPAT) merupakan salah satu industri pangan yang mengolah bahan baku yang berasal dari sektor pertanian yaitu ubi jalar. Bakpao telo merupakan salah satu dari sekian banyak produk inovasi yang diproduksi oleh SPAT dan memiliki prospek yang baik. Produk telo cukup diminati oleh konsumen, hal ini terlihat dari angka penjualan yang semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir, yaitu mencapai 676.234 biji pada tahun 2008 dan 688.588 biji pada tahun 2009. Permasalahan yang terjadi adalah pihak SPAT belum pernah melakukan analisis mengenai pengaruh inovasi produk yang telah dilakukan dan kepuasan pelanggan yang tercipta dari inovasi tersebut terhadap lahirnya sifat loyal dari pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh inovasi produk dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan bakpao telo di Terminal Agrobisnis SPAT dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 27-30 Mei 2010 di Terminal Agrobisnis SPAT Malang. Pengolahan data dilakukan di Laboratorium Komputasi dan Analisis Sistem, Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya Malang. Hasil penelitian SEM inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan bakpao telo diperoleh nilai CR 2,358 dengan nilai signifikansi 0,036. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga ada pengaruh variabel inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan. Inovasi produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan bakpao telo di Terminal Agrobisnis SPAT karena memiliki nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,046 dan CR 1,972.. Kepuasan pelanggan juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan bakpao telo di Terminal Agrobisnis SPAT dengan nilai signifikansi sebesar 0,027 dan CR 1,968. Hal tersebut berarti variabel inovasi produk mempengaruhi terbentuknya kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Variabel kepuasan pelanggan dapat menjadi mediasi pengaruh inovasi produk terhadap loyalitas pelanggan. Hubungan yang terjadi antara inovasi produk dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan adalah hubungan kausal tidak langsung (indirect effect). Melalui kepuasan pelanggan, inovasi produk memberikan pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,836. Makin baik inovasi produk yang dilakukan oleh pihak SPAT, maka makin besar terciptanya loyalitas pelanggan bakpao telo di Terminal agrobisnis SPAT.